Follow Us

DayGram, Aplikasi Menulis Diary yang Sederhana & Elegan

Bagus Hernawan - Rabu, 02 September 2015 | 13:42
DayGram, Aplikasi Menulis Diary yang Sederhana & Elegan

Tim MakeMac sudah membahas banyak aplikasi untuk membantu kamu mencatat. Mulai dari yang bergaya Markdown Editor, Evernote untuk catatan sehari-hari, Celtx Script untuk penulis naskah atau lainnya. Nah untuk kamu yang biasa menulis diary, coba gunakan DayGram – One line a day Diary untuk iPhone. Tim MakeMac sudah mencobanya dan menikmati aplikasi ini.

Mengenal DayGram

Sesuai dengan jargon yang diusung, aplikasi ini akan mengajak kamu mencatat diary alias kumpulan kegiatan berkesan dalam sebuah hari. Tampilannya sangat sederhana, tapi justru disitulah kuncinya. Pengguna dapat menikmati tampilan list dari hari-hari sebelumnya bahkan bulan yang lalu dengan mudah. Yuk langsung bahas cara menggunakan DayGram!

Tampilan Utama & Gaya Mencatat

Gambar di atas adalah tampilan utama Daygram, sebuah halaman kosong dengan beberapa tombol pengaturan di bagian bawah. Silahkan tekan ikon (+) untuk membuat catatan baru. Secara otomatis, DayGram akan menampilkan informasi hari dan tanggal di bagian atas. Saya sangat menikmati tampilan utama di mode ini. Seakan kembali ke iklan atau selebaran jaman dahulu, dengan detail garis di bagian pinggir.

Pengguna bisa menekan ikon jam di kanan atas keyboard untuk menampilkan teks dengan keterangan waktu saat itu. Setelah itu mulai catatan kamu di Daygram. Catat apa saja yang kamu inginkan. Bisa kegiatan seru hari ini, informasi penting mengenai orang yang baru kamu temui atau beragam hal lain. Simpan catatan tersebut dengan menekan Done di kanan atas tampilan keyboard kamu ya.

Nah sekarang kembali ke tampilan utama, kamu dapat melihat list dari ketikan kamu tadi, menggunakan tangga hari ini tentu saja. Pengguna hanya bisa membuat satu catatan dalam sehari saja. Itulah kenapa tombol jam tadi berfungsi sangat penting, terutama untuk kamu yang gemar mencatat diary beberapa kali dalam sehari.

Minimalis, Tanpa Atribut atau Foto

Ya, DayGram berfokus pada fitur mencatat yang sangat minimalis. Tanpa fitur kategori atau tag, fitur berbagi ke aplikasi lain atau bahkan melampirkan foto. Semua hanya tentang kamu dan barisan teks serta keterangan jam. Agak membosankan memang di awal, tapi kamu akan menikmatinya setelah banyak mencatat – 1 minggu misalkan.

Pengaturan Tampilan dan Keamanan

Khawatir dengan keamanan dari catatan kamu di DayGram? Tenang, pengembang aplikasi ini sudah memikirkan masalah tersebut. Pengguna dapat menambahkan fitur passcode lock ketika membuka DayGram. Tinggal masuk ke halaman awal aplikasi, tekan ikon paling kanan bawah dan pilih Passcode untuk mengetikkan 4 digit kode.

Masih di bagian yang sama, kamu dapat melakukan pengaturan tampilan yang lebih pas. Seperti ukuran font, mode tampilan di halaman utama dan beragam hal lainnya.


Baca Juga:

Buruan Cobain Ya!

Saya sudah mencoba DayGram dan menikmati mode mencatat sederhana yang diusung. Tampilan yang berkesan retro dan tidak ribet adalah 2 kelebihan tambahan dari aplikasi ini. Berminat mencoba juga? Silahkan unduh DayGram dengan harga $0.99 saja di App Store ya! Gunakan tautan di bawah ini untuk akses lebih cepat.

Download DayGram - One line a day Diary ร‚ยท Harga: 5000


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest