Follow Us

Apple Merilis iPad Pro 12 inci dengan Aksesoris Apple Pencil & Smart Keyboard

Bagus Hernawan - Kamis, 10 September 2015 | 04:05
Apple Merilis iPad Pro 12 inci dengan Aksesoris Apple Pencil & Smart Keyboard

Gelaran Apple September Event 2015 baru saja selesai. Salah satu perangkat paling menarik bagi saya adalah iPad Pro. Ya, ini kali pertama Apple merilis tablet dengan ukuran ekstra besar – 12.9 inci. Tak sekedar besar, ada beragam detail perangkat keras menarik dan dukungan aksesoris tambahan yang bakal membuat kamu jatuh hati. Ini dia bahasannya:

Layar Ekstra Lega, Resolusi Luar Biasa!

Bicara ukuran layar, iPad Pro punya ukuran layar 12.9 inci dengan 5.6 juta pixels. Dengan resolusi layar 2732 x 2048, perangkat ini dinobatkan 78% lebih besar daripada iPad Air 2. Ya, posisi mendatar iPad Pro sama dengan posisi iPad Air 2 dalam mode tegak.

Dengan besarnya ukuran ini, kamu dapat menikmati iPad Pro sebagai komputer ekstra portabel untuk mengetik, edit video dan juga bermain instrumen musik secara virtual di layarnya.

4 Teknologi Canggih di Balik Layar

Ada 4 teknologi baru yang diusung oleh Appe pada perangkat ini – khususnya di belakang layar. Mulai dari Photo Alignment, Oxide TFT, Variable Refresh Rate dan juga Timing Controller.

Menurut saya yang paling menarik adalah Variable Refresh Rate. Teknologi ini dapat mereduksi perputaran fps di layar menjadi lebih rendah saat kamu melihat gambar dia. Ya, dari 60fps ke 30fps. Tentunya ini sangat membantu dalam kasus menghemat baterai. Menarik kan!

Tetap Tipis, Ringan & Ada 4 Speaker!

Dari laman informasi Apple, perangkat iPad Pro ini memiliki berat hanya 1.57 pounds dan ketebalan hanya 6.9 mm. Tidak jauh berbeda dengan iPad Air 2 jika kamu mencari pembanding. Permukaan luar yang digunakan adalah aluminium unibody dan ada 3 warna – Gold, Silver dan Space Grey.

Ini dia yang paling fenomenal menurut saya, speaker! Tidak hanya sepasang, Apple memberikan 4 posisi speaker di iPad Pro – semua sudut. Perangkat output ini juga diklaim cerdas karena dapat mendeteksi mode mendatar atau tegak yang kamu gunakan. Sehingga suara yang dihasilkan akan lebih lantang pada pada 2 bagian paling atas. Menarik kan!

Masih bicara sisi luar, ada port tambahan yang diberikan pada iPad Pro ini. Yaitu Smart Connector yang berfungsi untuk menghubungkan dengan aksesoris keyboard tambahan. Pengguna dapat membeli Smart Keyboard dengan tampilan elegan dan beragam fitur menariknya. Akan saya bahas di artikel terpisah ya!

 Pencil, Stylus Pertama dari Apple

Dengan layar yang ekstra lega, para desainer dan animator akan jatuh cinta dengan iPad Pro. Tenang, Apple sudah menyiapkan perangkat  Pencil untuk membantu kamu menggambar atau menulis dengan mudah dan cepat di perangkat iPad ini. Kinerja perangkat stylus ini juga didukung oleh Taptic Engine yang dapat merasakan tekanan dengan lebih sensitif baik pelan maupun lebih dalam. Ya, persis di perangkat Apple Watch jika kamu sudah mencobanya.

Perangkat *stylus* digital ini punya beragam kelebihan menarik untuk kamu. Mulai dari dukungan Multi-Touch, sensitif terhadap tekanan dan mode arsir gambar yang mudah — cukup dengan memiringkan Apple Pencil sesuai kebutuhan. Inovasi paling menariknya adalah teknologi charging yang menggunakan port lightning male — cukup hubungkan ke iPad Pro kamu.

Harga & Ketersediaan

Sudah gak sabar untuk meminang iPad Pro? Sayangnya produk ini baru tersedia besok bulan November beserta para aksesoris tambahannya. Harga yang dibandrol memang cukup tinggi.

Yaitu mulai dari $799 (32GB WiFi), $949 (128 GB WiFi) dan $ 1079 (128 GB WiFI + Cellular). Konfigurasi yang agak unik, sedikit sekali pilihan ukuran yang artinya mengincar pasar profesional dan pengguna serius lini iPad.

Bagaiman pendapat kamu mengenai iPad Pro? Tertarik untuk membelinya? Atau masih setia dengan iPad yang sudah ada sekarang? Bagikan di kolom komentar ya!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest