Follow Us

4 Langkah Penting Sebelum Update iOS 9 Versi Publik

Bagus Hernawan - Rabu, 16 September 2015 | 14:38
4 Langkah Penting Sebelum Update iOS 9 Versi Publik

Seperti penjelasan di artikel saya kemarin, Apple akan merilis iOS 9 kepada publik tanggal 16 September 2015. Nah pengguna di Indonesia baru bisa memperoleh pembaruan ini jam 00.00 WIB tanggal 17 Septmber. Nah sebelum mengunduh pembaruan ini, silahkan simak 3 langkah penting yang harus kamu lakukan:

1. Pastikan Perangkat Kamu Mendukung iOS 9

Yes, jangan sampai sudah begadang untuk update iOS, ternyata iPhone atau iPad kamu bukan termasuk yang mendukung iOS 9. Sebetulnya sih semua perangkat yang mendukung iOS 8 dapat memperoleh pembaruan iOS 9 kok.

Untuk iPhone, diawali dengan iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus dan tentunyan duet terbaru – iPhone 6s dan iPhone 6s Plus.

Lini iPad ada iPad 2, iPad 3, iPad 4, semua lini iPad Mini dan iPad Air dan pastinya iPad Pro. Nah untuk kamu pengguna iPod Touch, 2 generasi terakhir yaitu iPod Touch 5 dan iPod Touch 6 yang mengusung CPU dari iPhone 6.

2. Backup, Backup dan Backup!!

Catatan kedua ini hukumnya wajib banget! Pastikan kamu sudah melakukan backup untuk semua data yang ada di perangkat iOS ya. Tentunya kamu tahu, ada 2 cara backup – menggunakan iTunes di komputer atau iCloud Backup. Silahkab baca informasi cara backup di iTunes dan iCloud jika kamu memerlukan panduannya.

Selain berfungsi untuk mengamankan data kamu dari kemungkinan gagal update iOS 9, backup perangkat iOS juga membuat kamu dapat langsung menikmati data yang ada setelah berada di iOS terbaru.

Nah selain backup dengan 2 cara dari Apple tadi, kamu dapat menyimpan data-data penting lainnya di cloud service favorit atau ambil secara manual. Untuk Camera Roll misal, bisa gunakan app Image Capture bawaan OS X atau Photos jika kamu sudah menggunakan OS X Yosemite terbaru.

Baca Juga:

3. Tambah Kapasitas Penyimpanan Kosong

Masih ingat kan dengan iOS 8 yang mensyaratkan pengguna dengan free space hampir 4GB untuk mengunduh pembaruan via OTA? Meskipun Apple sudah berjanji untuk mengurangi jatah free space di OTA update iOS 9, tidak ada salahnya untuk kamu menyiapkan hal tersebut.

Caranya mudah saja, hapus data atau aplikasi yang paling besar di kapasitas penyimpanan kamu untuk sementara. Buka Settings > General > Usage > Manage Storage. Tunggu hingga proses pengecekan selesai dan pilih salah satu aplikasi yang dapat kamu hapus. Mudah kan!

4. Pastinya Internet Kencang

Prediksi saya pembaruan iOS 9 untuk publik nanti akan berukuran besar – sekitar 1GB untuk OTA updates dan 2GB lebih jika kamu mengunduh file .IPSW-nya secara terpisah. Jadi pastikan kamu menggunakan internet yang kencang dan stabil yang untuk mendapatkan pembaruan ini dengna lebih cepat.

Sebagai catatan, kejadian umum yang selalu terulang adalah server Apple akan kebanjiran request dan menyebabakan lambar di saat iOS 9 publik pertama diumumkan. Wajar, mengingat seluruh dunia sedang mengakses pembaruan tersebut. Oleh karena itu, saya sarankan tunggu beberapa jam setelah itu atau besoknya saja untuk mengunduh iOS 9.

Akhir Kata

Bagaimana, sudah siap untuk mengunduh iOS 9 nanti tengah malam, atau ingin mendapatkan pembaruan ini di akhir pekan saja ketika sudah ada waktu luang? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!

Catat & Bersiap, Ini Tanggal Rilis iOS 9, OS X EL Capitan & watchOS 2 Versi Publik


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest