Follow Us

(Rumor) Apple Bakal Benamkan Prosesor A10 Dengan 6 Inti di iPhone 7

Andri Alfansyah - Rabu, 23 September 2015 | 16:38
(Rumor) Apple Bakal Benamkan Prosesor A10 Dengan 6 Inti di iPhone 7

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus belum juga resmi masuk ke pasaran, tetapi kabar mengenai iPhone 7 sudah kembali berdengung. Rumornya iPhone generasi anyar tahun depan tersebut akan mengusung prosesor A10 dengan kecepatan mengagumkan dari sebelumnya.

Berdasarkan sumbernya dari rantai pasokan Apple di Tiongkok, GforGames melaporkan bahwa Apple berencana menambah jumlah inti menjadi 6 buah ke dalam prosesor A10 buat iPhone 7 generasi mendatang.

Dibuat dengan proses teknologi 10nm/14nm, prosesor A10 akan fokus pada penggunaan energi dan kemampuan menjalankan aplikasi secara multi-threading. Samsung dan TSMC dilaporkan masih dipercaya Apple sebagai dua perusahaan pemasoknya.

The chipset will allegedly be manufactured on a 14nm or 10nm process, and Apple will focus its energy on improving multi-threading. The source says that both TSMC and Samsung could receive orders for manufacturing the CPU – which is unsurprising – but adds that Intel could also get a share of the pie, should Apple decide on using 14nm architecture. This goes against a recent rumor which was claiming that TSMC will be the exclusive manufacturer of Apple’s next-gen SoC.


Baca juga:


Prosesor A10 dengan jumlah inti mencapai 6 buah tampaknya memang seharusnya dihadirkan Apple. Pasalnya, para pesaingnya bahkan sudah menyematkan prosesor dengan jumlah inti mencapai 8 buah.

Kendati begitu, kabar ini baru sebatas rumor. Apalagi penggunaan prosesor berinti 6 dipandang belum terlalu diperlukan. Beredar kabar bahwa Apple hanya memfokuskan pada peningkatan performa grafisnya (GPU) di iPhone 7.

Walau kabar ini datang dari sumber yang sering membocorkan chipset generasi anyar buat iPhone, tapi Apple bisa jadi mengubah rencananya untuk menghadirkan prosesor A10 ini dengan jumlah inti lebih banyak. Ya waktulah yang akan menjawabnya nanti.

[source site_name = “GforGames” site_url = “http://www.gforgames.com/gadgets/apple-a10-focus-on-multi-threading-up-to-6-cores-48886/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest