Follow Us

Apple Mutakhirkan Laman Privasi dan Keamanan Pengguna iOS & Mac

Andri Alfansyah - Rabu, 30 September 2015 | 14:37
Apple Mutakhirkan Laman Privasi dan Keamanan Pengguna iOS & Mac

Apple baru saja memperbarui laman Privacy miliknya dengan informasi penting bagaimana mereka melindungi data dan privasi para pengguna seiring telah hadirnya iOS 9 beserta fitur-fitur terbarunya macam Hey Siri, aplikasi News, Apple Pay, Apple Music dan banyak lainnya.

Seperti dilansir dalam laman Privacy tersebut, Apple sekali lagi menegaskan komitmennya bahwa semua layanan dan produknya sudah dilengkapi dengan keamanan built-in sehingga data penggunanya tetap aman dan terlindungi.

As you add photos, messages, contacts, and credit cards to your Apple devices, they become more personal. So we design innovative ways to protect that data. And we build powerful safeguards into our operating systems, our apps, and the devices themselves. Because the things you rely on every day should keep your personal information safe.

Sebagai contoh adalah penggunaan Siri. Ketika kamu meminta Siri untuk mencarikan foto berdasarkan nama album atau lokasi di aplikasi Photos, Apple tidak akan mengirimkan foto maupun informasinya. Mereka hanya mengirimkan nama albumnya ke Siri sehingga ia bisa dengan tepat memberikan apa yang kamu cari.

Begitu pula dengan aplikasi News yang baru. Apple menjelaskan bahwa memang aplikasi berita tersebut mendukung iklan yang akan muncul berdasarkan berita yang kamu baca. Tapi, Apple memastikan bahwa iklan tersebut tidak melenceng dari aplikasi News dan tidak memberikan informasi penguna kepada penyedia berita. Bahkan kamu bisa mengaktifkan Limit Ad Tracking untuk memblokir iklan.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Apple Tim Cook menulis surat mengenai komitmen Apple terhadap privasi dan keamanan pengguna iOS dan Mac di laman Privacy tersebut. Dalam suratnya, ia akan terus mengupdate informasi mengenai privasi pengguna Apple setidaknya setahun sekali.

We’re publishing this website to explain how we handle your personal information, what we do and don’t collect, and why. We’re going to make sure you get updates here about privacy at Apple at least once a year and whenever there are significant changes to our policies.


Baca juga:


Selain itu, Apple juga merilis data statistik mengenai informasi pengguna yang paling banyak diminta pemerintah, yaitu 94 persennya adalah soal perangkat yang dicuri dan sisanya mengenai informasi akun pengguna. Namun Apple menyebutkan kurang dari 0,00673 persen pengguna dirugikan pemerintah.

Masih banyak yang dijabarkan Apple dalam laman Privacy miliknya, seperti bagaimana mereka melindungi data Apple Pay, Apple Music, iMessage dan FaceTime; dan Spotlight Suggestion, Maps, dan lain sebagainya. Selengkapnya mengenai pembaruan laman Privacy Apple bisa kamu baca di tautan berikut.

[source site_name = “Apple” site_url = “http://www.apple.com/privacy/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest