Follow Us

(iOS 9) Selamat Jalan, Transfer Purchase..

Bagus Hernawan - Senin, 05 Oktober 2015 | 16:53
(iOS 9) Selamat Jalan, Transfer Purchase..

Saya sudah mengunduh games baru di iPhone iOS 9, lalu waktu proses Transfer Purhcase dan Sync ke iTunes, kenapa games tadi tidak tersalin ke komputer?

Pertanyaan serupa terus muncul dari para pembaca dan Followers @MakeMac sejak iOS 9 dirilis untuk publik. Dengan artikel ini saya akan jawab dengan pendek dan panjang. Pertama, cara pendek:

Apple sudah menutup fitur Transfer Purchase dari perangkat iPhone, iPad, iPod Touch dengan iOS 9 ke perangkat iTunes di komputer kamu.

Beberapa sumber yang tim MakeMac dapatkan menyatakan hal ini. Sebut saja laman Apple Stack Exchange yang menyalin catatan dari pertanyaan para pengembang di portal Apple Developer.

This issue behaves as intended based on the following: Apps are no longer transferred from iOS 9 devices. We are now closing this bug report. If you have questions about the resolution, or if this is still a critical issue for you, then please update your bug report with that information.

Masih mencari penjelasan yang lebih lengkap? Ini dia versi jawaban panjang:

Transfer Purchase iOS 9 & App Thinning

Oke, dari beberapa bacaan yang saya temukan, penyebab fitur Transfer Purchase iOS 9 tidak lagi tersedia secara 2 arah adalah mode App Thinning yang dikenalkan oleh Apple. App Thinning sendiri terbagi menjadi 3 fitur ladi di dalamnya. Yaitu Slicing, Bitcode dan On Demand Resource.

Fitur ini akan membuat perangkat iOS 9 hanya mengunduh dokumen serta aset gambar yang diperlukan secara spesifik saja ke perangkat tersebut. Misalkan kamu menggunakan iPad Mini dan ingin mengunduh sebuah aplikasi yang mendukung App Thinning.

Secara proses ketika mengunduh, iOS 9 akan meminta dokumen yang dibutuhkan saja. Seperti aset gambar dengan kebutuhan untuk iPad Mini – meninggalkan semua dokumen dan gambar untuk perangkat iPhone atau iPad Air di server Apple. Apa keuntungannya? Tentu saja ukuran dokumen yang lebih kecil dan menghemat ruang penyimpanan kamu.

Nah karena kamu sudah mengunduh aplikasi dengan konten yang spesifik, fitur Transfer Purchase alias menyalin dokumen .ipa dari iPhone, iPad atau iPod Touch ke iTunes di komputer tidak lagi diperlukan. Iya donk, karena jika fitur ini masi didukung dan kamu menginstal aplikasi tadi ke perangkat berbeda (unduh untuk iPad Mini, instal untuk iPhone misal) pasti ada masalah yang akan terjadi. Untuk itulah Apple menutup mode ini dan mengubahnya jadi searah.

Video Penjelasan App Thinning di WWDC 2015


Baca Juga:

Editor : Bagus Hernawan

Latest