Follow Us

Cara Mematikan Fitur Keamanan ‘Rootless’ di OS X El Capitan

Bagus Hernawan - Senin, 12 Oktober 2015 | 09:04
Cara Mematikan Fitur Keamanan ‘Rootless’ di OS X El Capitan

Menyambung artikel sebelumnya mengenai penjelasan Rootless (System Integrity Protection) di OS X El Capitan, kali ini tim MakeMac akan membagikan tutorial untuk mematikan fitur tersebut. Perlu dicatat, pastikan kamu punya alasan yang jelas kenapa harus mematikan fitur ini. Seperti misalnya kebutuhan akses pada beberapa file system penting untuk belajar membuat aplikasi atau hal lainnya.

Disclaimer: Tim MakeMac tidak bertanggung jawab jika terjadi masalah pada perangkat komputer Mac kamu jika mencoba tutorial ini. Pastikan data penting sudah kamu backup atau amankan ya.

Cara Mematikan Rootless:

  1. Pengaturan Rootless disimpan oleh Apple pada level NVRAM, kamu harus masuk ke Recovery Mode terlebih dahulu untuk mendapatkan akses. Caranya hidupkan perangkat komputer Mac lalu tekan dan tahan Command + R.
  2. Masuk ke Menu Bar Utilities > Terminal.
  3. Kita cek dulu apakah Rootless sedang aktif, ketikan perintah terminal berikut ini:
    csrutil status
    .
  4. Nah jika tertulis aktif, silahkan disable dengan perintah berikut:
    csrutil disable
    .
  5. Selesai, sekarang Restart komputer Mac kamu. Silahkan masuk ke Root User dan coba akses beberapa direktori yang sebelumnya ditutup. Apakah dapat berjalan dengan lancar?
Nantinya jika kamu ingin kembali menggunakan Rootless, silahkan gunakan perintah berikut ini:

csrutil enable
Bagaimana, berminat mencoba melepaskan OS X El Capitan dari fitur keamanan yang baru ini? Atau ingin merasa tetap aman dan percaya kepada Apple? Bagikan di kolom komentar ya!


Baca Juga:


[source site_name = “How To Geek” site_url = “http://www.howtogeek.com/230424/how-to-disable-system-integrity-protection-on-a-mac-and-why-you-shouldnt/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest