Follow Us

Apple Matikan Layanan News App di Daratan Tiongkok

Andri Alfansyah - Senin, 12 Oktober 2015 | 14:52
Apple Matikan Layanan News App di Daratan Tiongkok

New York Times melaporkan bahwa Apple telah mematikan layanan News App bagi seluruh pengguna yang ada di daratan Tiongkok sebagai langkah penyensoran konten-konten berita yang sensitif mengenai negeri Tirai Bambu tersebut.

Apple has disabled its news app in China, according to a person with direct knowledge of the situation, the most recent sign of how difficult it can be for foreign companies to manage the strict rules governing media and online expression there.

Walau para pengguna masih bisa membaca konten berita di News App di luar Tiongkok dengan menggunakan Apple ID regional AS, mereka tidak akan bisa mengaksesnya ketika berada di negara dengan jumlah populasi terbesar itu.

Customers who already downloaded the app by registering their phones in the United States can still see content in it when they travel overseas — but they have found that it does not work in China.

Those in China who look at the top of the Apple News feed, which would normally display a list of selected articles based on a user’s preferred media, instead see an error message: “Can’t refresh right now. News isn’t supported in your current region.”

Larry Salibra menyebutkan bahwa penyensoran konten-konten berita yang disimpan di perangkat iOS ini berbeda halnya dengan pemblokiran dengan menggunakan Firewall canggih sekalipun.

“On device censorship is much different than having your server blocked by the Great Firewall or not enabling a feature for customers with certain country iTunes account,” his post continued. “That Apple has little choice doesn’t make it any less creepy or outrageous.”


Baca juga:


Pemerintah Tiongkok memang terkenal dengan kebijakannya yang sangat ketat untuk mengendalikan konten-konten yang dibagikan di media online. Tidak terkecuali bagi Apple dengan layanan beritanya ini.

Pembuat iPhone itu mau tidak mau harus mengambil langkah pencegahan dengan mematikan layanan News App di Tiongkok yang merupakan pasar paling besar keduanya di dunia.

News App sendiri merupakan layanan baru di iOS 9 dan baru tersedia di AS dan Australia. Namun Apple dikabarkan telah mengujicobakannya di Inggris. Tidak menutup kemungkinan bahwa layanan berita ini akan menyambangi lebih banyak negara.

Buat yang berada di luar negara-negara yang tersebut, kamu juga bisa menikmati layanan News App di perangkat iPhone, iPad, dan iPod touch milikmu. Cara mudahnya bisa kamu temukan di artikel ini: Cara Rahasia Mendapatkan App News di iOS 9

[source site_name = “New York Times” site_url = “http://www.nytimes.com/2015/10/12/technology/apple-is-said-to-deactivate-its-news-app-in-china.html?partner=rss&emc=rss&_r=1”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest