Follow Us

Komparasi Baterai iPhone 6s Dengan Prosesor A9 TSMC & Samsung

Andri Alfansyah - Selasa, 13 Oktober 2015 | 11:46
Komparasi Baterai iPhone 6s Dengan Prosesor A9 TSMC & Samsung

Seakan belum puas dan yakin dengan pernyataan Apple yang menyebutkan bahwa chip prosesor A9 buatan TSMC dan Samsung dalam mengonsumsi daya hanya terpaut 2% – 3%, Ars Technica hadir dengan pengujian terbarunya.

Dalam komparasinya, Ars Technica terlebih dahulu mengatur kecerahan layar hingga 200 nit saja dan tanpa memasukkan kartu SIM untuk memastikan tak ada koneksi seluler yang aktif di kedua model iPhone dengan prosesor berbeda.

Selanjutnya mereka menguji iPhone 6s dengan prosesor A9 buatan TSMC dan Samsung dalam berselancar di internet dengan koneksi Wi-Fi, WebGL, Geekbench 3, dan GFXBench.

Hasilnya dari pengujian Wi-Fi dan GFXBench, iPhone 6s dengan prosesor A9 dari TSMC sedikit lebih baik dari prosesor A9 dari Samsung yaitu memberikan waktu lebih lama sekitar 14 menit dan 9 menit. Di pengujian WebGL, iPhone 6s dengan prosesor Samsung memimpin dengan nilai sedikit lebih tinggi.


Baca juga:


Perbedaan semakin kentara dalam pengujian benchmark Geekbench 3 dimana prosesor TSMC melibas prosesor Samsung. Prosesor A9 dari TSMC memberikan waktu lebih banyak sekitar satu jam dari prosesor A9 Samsung.

Meski begitu, secara keseluruhan pengujian terhadap prosesor A9 dari TSMC dan Samsung di iPhone 6s selaras dengan penyataan Apple sebelumnya yaitu berbeda sekitar 2% – 3%. Jadi bisa dibilang, perbedaan prosesor A9 dari TSMC dan Samsung tidak terlalu signifikan.

[source site_name = “Ars Technica” site_url = “http://arstechnica.com/apple/2015/10/samsung-vs-tsmc-comparing-the-battery-life-of-two-apple-a9s/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest