Follow Us

Apple Menghapus Ratusan Aplikasi yang Melanggar Privasi Pengguna

Bagus Hernawan - Selasa, 20 Oktober 2015 | 10:54
Apple Menghapus Ratusan Aplikasi yang Melanggar Privasi Pengguna

Beragam aplikasi (sekitar 250 buah dengan total unduhan hampir 1 juta kali) yang ada di App Store kabarnya resmi dihapus oleh Apple. Hal ini terjadi karena kabarnya para pengembang menggunakan private API yang secara rahasia mengambil data pribadi para pengguna.

Menurut laman SourceDNA, private API tersebut berasal dari Youmi, SDK untuk layanan iklan dari negeri Tiongkok. Mereka berhasil menemukan hal tersebut menggunakan Searchlight untuk memindai private API dari sebuah aplikasi.

We’ve found hundreds of apps in the App Store that extract personally identifiable user information via private APIs that Apple has forbidden them from calling.

Since we also identify SDKs by their binary signatures, we noticed that these functions were all part of a common codebase, the Youmi advertising SDK from China.


Baca Juga:

Ada beragam data yang secara tersembunyi dapat diambil dari perangkat iOS kamu akibat dari masalah ini. Mulai dari Apple ID, serial number untuk platform dan peripheral serta beragam hal lainnya. Namun kamu tidak perlu khawatir, Apple sudah menghapus aplikasi tersebut di App Store.

Untuk informasi lengkap mengenai pembahasa private API dan masalah ini silahkan langsung buka laman SourceDNA ya!

Sedikit mundur ke belakang, App Store juga pernah mengalami masalah malware XcodeGhost. Celah keamanan ini berasal dari aplikasi development Xcode yang diunduh oleh para pengembang dari Tiongkok – tanpa melalui Mac App Store.


Apple Hadirkan Solusi buat Pengembang Atasi Malware XcodeGhost

[source site_name = “SourceDNA” site_url = “https://sourcedna.com/blog/20151018/ios-apps-using-private-apis.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest