Follow Us

Apple: Tidak Ada Cara buat Tembus iPhone Terkunci di iOS 8/9

Andri Alfansyah - Rabu, 21 Oktober 2015 | 11:52
Apple: Tidak Ada Cara buat Tembus iPhone Terkunci di iOS 8/9

Apple menyampaikan pernyataan resminya terkait bisa atau tidaknya pihak berwenang membuka akses data dalam perangkat iPhone yang terkunci dengan menggunakan Passcode dalam sistem operasi iOS 8 atau iOS 9.

Disampaikan di hadapan hakim federal Departemen Kehakiman di Brooklyn, New York sebagaimana dilansir Reuters, Apple mengatakan bahwa tak ada cara apapun yang bisa dilakukan untuk mengakses data yang tersimpan dalam iPhone dengan iOS 8 atau yang paling baru.

Meski begitu, Apple mengatakan bahwa mereka memiliki cara untuk membuka akses data dalam iPhone yang terkunci jika iPhone tersebut menggunakan iOS 7 atau di bawahnya.

Perangkat iOS sendiri yang sudah menggunakan iOS 8 dan iOS 9 kini sudah mencapai lebih dari 90 persen. Jadi kesempatan untuk membuka akses data hanya bisa dilakukan di 10 persen perangkat dengan iOS 7.

Tapi tetap saja, Apple menolak memberikan akses kepada pihak kepolisian untuk membuka data di iPhone milik para penggunanya. Hal itu karena tindakan tersebut jika dilakukan dapat merusak hubungan Apple dengan para penggunanya.

“Forcing Apple to extract data in this case, absent clear legal authority to do so, could threaten the trust between Apple and its customers and substantially tarnish the Apple brand,” Apple’s lawyers wrote.


Baca juga:


Penolakan Apple ini sejalan dengan pernyataan Tim Cook soal privasi pengguna. Dalam wawancaranya bareng WSJ kemarin, ia menyatakan bahwa enkripsi adalah suatu keharusan dan tindakan untuk membukanya merupakan hal yang tak bisa diterima.

Pengadilan AS menurut rencana bakal menggelar sidang dengar lanjutan pada Jumat ini untuk memutuskan apakah Apple perlu membantu pihak kepolisan dalam menegakkan hukum.

[source site_name = “Reuters” site_url = “http://www.reuters.com/article/2015/10/20/us-apple-court-encryption-idUSKCN0SE2NF20151020”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest