Follow Us

Cara Membuat Shortcut Pin Tab Safari di OS X El Capitan

Bagus Hernawan - Rabu, 21 Oktober 2015 | 15:09
Cara Membuat Shortcut Pin Tab Safari di OS X El Capitan

Apakah kamu sudah menggunakan OS X El Capitan? Dalam sistem operasi tersebut Apple memberikan peramban Safari baru dengan beragam peningkatan fitur – salah satunya Pin Tab. Namun sayangnya, secara bawaan tidak ada mode shortcut yang dapat kamu gunakan sebagai akses cepat fitur ini. Tenang, kita tambahkan saja sendiri. Berikut ini tutorial untuk membuat shortcut Pin Tab di OS X El Capitan:

  1. Buka aplikasi System Preferences dari logo Apple di Menu Bar, Spotlight atau Dock. Pilih mode yang lebih mudah kamu gunakan saja.
  2. Masuk ke pengaturan Keyboard > Shortcuts.
  3. Di kolom sebelah kiri masuk ke list App Shortcuts yang ada di bagian paling bawah. Lanjutkan dengan menekan tombol + yang ada di bagian bawah kolom sebelah kanan.
  4. Sebuah jendela baru akan muncul seperti gambar di bawah ini. Di bagian Application silahkan pilih Safari lalu Menu Title isikan dengan Pin Tab. Silahkan isi Keyboard Shortcut dengan kombinasi yang kamu inginkan – sederhana saja dengan maksimalm 3 tombol.
  5. Setelah selesai dengan 3 pengaturan tadi, silahkan tekan tombol Add. Akhiri pengaturan ini dengan menutup System Preferences dan juga peramban Safari.
  6. Sekarang silahkan kamu coba buka beberapa tab di Safari lalu tekan kombinasi tombol tadi. Apakah sudah berhasil membuat tab yang sedang kamu buka menjadi Pin Tab di ujung kiri?

Baca Juga:

Bagi kamu yang belum tahu, Pin Tab adalah mode untuk menyimpan website favorit kamu di tab yang tidak akan hilang jika Safari kamu tutup (Quit). Mode ini juga akan membuat tampilan tab sebuah website menjadi kecil di barisan kiri dan menggunakan ikon yang membuatnya mudah dikenali.

Selamat mencoba ya!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest