Follow Us

Beragam Fitur di iOS 9 yang Bisa Kamu Matikan & Tetap Aman

Bagus Hernawan - Rabu, 28 Oktober 2015 | 17:49
Beragam Fitur di iOS 9 yang Bisa Kamu Matikan & Tetap Aman

Sistem operasi iOS 9 hadir dengan beragam fitur baru semenjak bulan lalu. Setelah cukup puas menggunakan, saya punya beberapa saran untuk fitur yang dapat kamu matikan dan tetap aman. Ya, tetap aman karena dengan kamu mematikan fitur ini, keamanan atau hal penting lainnya tidak berkurang fungsinya. Penasaran? Yuk langsung simak!

1. Wi-Fi Assist

Secara sederhana Wi-Fi Assist adalah mode untuk memindahkan koneksi Wi-Fi kamu ke paket data yang digunakan – ketika jaringan Wi-Fi dirasa buruk. Misalkan saat koneksi Wi-Fi terasa sangat lambat atau sinyal yang rendah, maka iOS 9 akan otomatis berpindah ke data selular. Nah untuk beberapa orang hal ini membuat penggunaan paket data jadi membengkak.

Silahkan matikan mode ini dari Settings > Cellular > Wi-Fi Assist OFF. Pengaturan Wi-Fi Assist ada jauh di bagian bawah ya, silahkan scroll ke bawah dulu untuk dapat menemukannya.

2. Siri di iOS 9 “Membisu”?

Jika kamu pengguna aktif fitur Siri di iOS 8, suara beep ketika membuka Siri adalah ciri khas yang gak bisa hilang. Sayangnya Apple mematikan fitur ini secara default dan menggantinya dengna getaran saja di iOS 9. Kangen dengan hal tersebut? Gampang, ada mode rahasia untuk mengembalikannya.

Silahkan masuk ke Settings > General > Accessibility > Vibration OFF. Pengaturan ini akan membuat semua mode getar dalam aplikasi tidak dijalankan – bahkan termasuk di dalam mode Silent. Nah kembali pada selera penggunaan, kamu lebih butuh beep di Siri atau mode getar yang bisa digunakan sebagai pengingat beragam hal?


Baca Juga:

3. Siri Suggestion

Oke, bagian ini adalah yang paling banyak ditanyakan oleh pembaca di Twitter @MakeMac. Kamu bisa mematikan mode Siri Suggestion di bagian Spotlight dengan cara yang sangat mudah. Yaitu masuk di Settings > General > Spotlight Search.

Kamu bisa mematikan semuanya secara langsung dengan menekan knob Siri Suggestion ke mode OFF. Hal ini akan membuat halaman Spotlight (lewat scroll dari tengah ke bawah di homescreen atau halaman paling kiri) hanya menampilkan halaman prediksi kosong. Untuk pengaturan ini saya tidak terlalu merekomendasikan ya.

Rekomendasi saya adalah matikan saja pengaturan Siri Suggestion yang tidka kamu butuhkan. Misalkan kamu tidak ingin hasil pencarian dari sebuah aplikasi tampil disana, matikan knob pengaturan di aplikasi tersebut saja. Misalkan saya tidak ingin menampilkan hasil pencarian keyword aplikasi Telegram Messenger berupa catatan pesan atau kontak teman, SMS atau daftar nama kontak dan beragam lainnya.

Editor : Bagus Hernawan

Latest