Follow Us

BitTorrent Sync, Alternatif AirDrop di Perangkat OS X dan iOS

Bagus Hernawan - Senin, 09 November 2015 | 16:47
BitTorrent Sync, Alternatif AirDrop di Perangkat OS X dan iOS

Sering jengkel dengan AirDrop yang mengalami masalah di OS El Capitan X atau iOS 9? Atau ingin mencicipi fitur ini tapi komputer Mac kamu tidak mendukung AirDrop dari OS X ke iOS? Gampang, masih ada banyak software dengan fitur file transfering tanpa internet kok.

Salah satu yang cukup menarik dan setia saya gunakan adalah BitTorrent Sync. Penasaran? Sebelum membahas mari simak dulu video iklannya berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Sepintas Tentang BitTorrent Sync

Aplikasi BitTorrent Sync menggunakan protokol Bittorent untuk mentransfer data. Tidak seperti Dropbox, iCloud atau layanan cloud service lainnya, BitTorrent menggunakan metode nodes alias titik yang saling terkait sebagai sumber data atau penerima. Ya, tidak ada data kamu yang diunggah ke server pihak ketiga. Itulah mengapa BitTorrent Sync dapat kamu andalkan untuk berkirim data dalam jaringan WiFi lokal – jaringan internet yang sedang lambat atau bahkan tanpa internet sekalipun.

Tambahan info lagi, BitTorrent Sync terbaru kini menggunakan sistem pairing ya. Metode ini diberikan untuk menjamin keamanan data kamu dan mempermudah transfer data di perangkat yang sama untuk waktu ke depannya.

Cara Menggunakan BitTorrent Sync di OS X

Pertama silahkan unduh aplikasi BitTorrent Sync di perangkat OS X kamu. Buat folder baru untuk dibagikan pada perangkat lain, gunakan saja Standard Folder sebagai langkah awal ya. Setelah itu tekan Continue untuk memilih lokasi folder tersebut di Finder.

Sudah? Lanjutkan dengan membuat pengaturan hak akses dari folder tersebut untuk perangkat lain yang ingin kamu gabungkan. Akhiri bagian ini dengan menekan tombol Copy untuk menyalin Key dari folder ini ke perangkat yang ingin kamu hubungkan.

Menghubungkan Perangkat Lain

Di langkah sebelumnya kita sudah mendapatkan Key untuk menghubungkan folder di BitTorrent Sync pada komputer Mac ke perangkat lain. Nah sekarang coba instal BitTorrent Sync di komputer teman sekantor kamu misal. Buka aplikasi ini dan jangan buat folder seperti langkah di atas ya! Silahkan tekan ikon gir di kanan atas dan pilih Manual Connection.

Tempel (paste) Key yang sudah kamu dapatkan di langkah sebelumnya pada bagian ini. Ingat, pastikan komputer sumber terhubung ke jaringan yang sama ya. Jika berhasil proses menyelaraskan data dalam folder tersebut akan berlangsung dan kamu sudah resmi saling terhubung. Untuk mengetesnya, silahkan masukkan dokumen baru di folder tersebut dan intip di komputer atau perangkat lain, apakah sudah tersedia juga?

Buruan Cobain BitTorrent Sync!

Saya sudah mencoba BitTorrent Sync dan sangat menikmati fitur sinkronisasi dokumen antar perangkat dengan cepat. Kemudahan penggunaan, kecepatan transfer karena metode peer to peer dan pengaturan hak akses adalah 3 hal menarik dari BitTorrent Sync.

Kamu dapat mengunduh dan gunakan BitTorrent Sync dengan gratis untuk iPhone, iPad, iPod Touch atau perangkat OS X. Jika ingin menggunaan BitTorrent Sync Pro dengan beberapa tambahan fitur, silahkan beli paket bisnis dengan biaya $39.99 ya!

BitTorrent Sync 2.2.6 for Mac

Download ร‚ยท Harga:


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest