Follow Us

Commander One, File Manager Spesialis Panel Ganda: Mudah dan Cepat!

Bagus Hernawan - Senin, 16 November 2015 | 08:47
Commander One, File Manager Spesialis Panel Ganda: Mudah dan Cepat!

Menggunakan Finder di OS X untuk merapikan file atau sekedar memindahkan dokumen, pasti kamu sering melakukannya. Nah jika kamu termasuk pengguna yang lebih senang melihat 2 jendela aplikasi file manager sekaligus, coba gunakan Commander One! Aplikasi karya pengembang grup Eltima Software ini punya beragam kelebihan menarik dan akan saya ulas di artikel ini. Yuk langsung saja!

Sepintas Tentang Commander One

Seperti pembahasan di awal, Commander One adalah aplikasi file manager dengan kelebihan utama berupa tampilan 2 muka – kiri dan kanan – sekaligus. Contoh penggunaan paling sederhana adalah melihat folder Pictures di komputer dan cadangannya di Hard Disk eksternal pada sisi kanan, lalu bandingkan mana dokumen yang belum kamu simpan.

Gambar di atas adalah beragam tombol yang terdapat di Toolbar dari Commander One. Mulai dari mode display, tombol untuk melihat hidden files dan beragam hal lainnya. Oh ya, di jendela Commander One yang terbagi menjadi 2 ini sebetulnya dapat kamu bagi lagi loh dengan fitur tab! Menarik dan sungguh memudahkan untuk kamu yang ekstra aktif dalam merapikan dokumen.

Kustomisasi Warna Tampilan dan Shortcut

Commander One mendukung mode kustomisasi untuk warna tampilan seperti latar belakang, teks dan lain sebagainya. Pengguna tinggal mengatur bagian ini lewat menu Preferences > Apperance. Ada 6 kolom warna yang dapat kamu ubah atau andalkan saja menu Themes di bagian atas.

Lanjut ke bagian shortcut, sepintas Commander One memang menggunakan tombol akses cepat yang berbeda dengan Finder. Gak masalah kok, kamu tetap bisa merubahnya dengan mudah. Masih di mode Preferences, masuk ke tab Hotkeys dan pilih fitur Shortcut apa yang hendak kamu rubah.

Baca Juga:

Butuh Fitur Lebih? Gunakan Mode Pro!

Commander One tersedia secara gratis di Mac App Store dan kamu dapat membeli paket fitur Pro untuk menambah fiturnya. Beberapa fitur yang tersedia di Mode pro adalah dukungan FTP Manager, mengakses perangkat iOS dan device seperti kamera digital, integrasi Dropbox sebagai drive tambahan, akses Terminal serta mode kompresi tambahan.

Saya sendiri sangat menikmati mode Pro untuk akses mudah ke dokumen di Dropbox. Mode Terminal emulator juga cukup membantu karena tidak perlu membuka aplikasinya secara terpisah.

Buruan Unduh Commander One!

Tim MakeMac sudah mencoba Commander One selama seminggu dan menikmati aplikasi file manager ini dengan baik. Awalnya agak repot sih, karena kamu harus menata ulang shortcut supaya sesuai dengan kebiasaan. Setelah biasa bekerja dengan 2 jendela file manager, pasti akan sangat mudah dan nyaman. Segera unduh Commander One by Eltima dari Mac App Store ya! Untuk pembelian versi Pro, silahkan akses laman Commander One PRO Pack.

Download Commander One - file manager · Harga: Gratis

Download Commander One PRO - FTP client · Harga: 439000


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest