Follow Us

(Video) Isi Jeroan Mesin Apple Pencil Setelah Masuk Ruang Bedah iFixit

Andri Alfansyah - Jumat, 20 November 2015 | 11:00
(Video) Isi Jeroan Mesin Apple Pencil Setelah Masuk Ruang Bedah iFixit

Di balik desainnya sederhana dan kemampuannya yang istimewa mirip pensil biasa, aksesoris Apple Pencil khusus dirancang buat perangkat iPad Pro ternyata sangat sulit untuk diperbaiki.

Dalam pembedahaan yang baru saja dilakukan oleh iFixit terhadap aksesoris alat tulis dan menggambar tersebut, aksesoris Apple Pencil mendapatkan nilai paling rendah, yaitu satu poin saja dari nilai 10 yang paling mudah.

Untuk membongkar Apple Pencil ternyata sangat tidak mudah. Untuk melakukannya, iFixit harus merusaknya dengan menggunakan alat semacam gergaji listrik kecil untuk membuka casing plastik yang menutupi seluruh bodinya.

Begitu casingnya terkelupas, terlihat bagian metal berisi mesin milik Apple Pencil. Bagian ujung Apple Pencil terdiri atas dua emitter terpisah yang berfungsi untuk mendeteksi sudut dan orientasi sehingga kelebaran tulisan bisa disesuaikan.

Ujung Apple Pencil juga diketahui dilengkapi dengan sensor sensitif untuk mendeteksi tekanan ke dalam layar iPad Pro. Menilik ke bagian dalam, Apple Pencil dilengkapi dengan logic board berukuran sangat kecil dengan berat hanya 1 gram.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca juga:


Adapun alasan mengapa Apple Pencil sangat sulit diperbaiki adalah aksesoris tersebut dirancang bukan untuk dibuka karena lapisan plastik dan metal yang membungkus mesin sulit dilepaskan. Selain itu, komponen baterainya sama sekali tak bisa diganti.

Walau sulit dibongkar dan diperbaiki, ujung pena dan tutup Apple Pencil disebutkan iFixit adalah komponen yang bisa diganti jika suatu saat mengalami kerusakan.

Berukuran panjang 175mm dan berdiameter 8,9mm, Apple Pencil dilengkapi dengan Bluetooth 4.1, kemampuan memindai dua kali tingkat input jari, dan konektor Lightning untuk diisi baterainya yang diklaim bisa bertahan selama 12 jam. Kamu bisa memilikinya dengan harga $99.

[source site_name = “iFixit” site_url = “https://www.ifixit.com/Teardown/Apple+Pencil+Teardown/52955”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest