Follow Us

Rekor Penjualan Apple di India Tercatat Sudah Tembus $1 Milyar

Andri Alfansyah - Senin, 23 November 2015 | 16:02
Rekor Penjualan Apple di India Tercatat Sudah Tembus $1 Milyar

India tidak salah lagi adalah salah pasar terbesar Apple di dunia setelah Tiongkok. Buktinya, Apple berhasil mencatatkan rekor penjualan yang sangat besar di negara berpenduduk sekitar 1,2 milyar jiwa tersebut

Dari informasi diperoleh Times of India (via Apple Insider), Apple berhasil membukukan penjualan dengan nilai mencapai 1 milyar dolar dalam periode tahunan yang berakhir Maret lalu.

Tercatat, penjualan Apple tahun ini meningkat sebanyak 44 persen dengan laba bersih mencapai dua kali lipat dari periode tahun sebelumnya. Pencapaian besarnya di India tidak lepas dari upaya Apple melebarkan jaringan toko reseller produk dan pemasaran produknya, termasuk diskon, pembelian kembali, dan program cicilan.

Selama dua tahun terakhir, penjualan Apple di India telah meningkat dua kali lipat. Sementara itu, penjualan iPhone di negeri Hindustan tersebut disebutkan meningkat sebanyak 35 persen dari kuartal ke kuartal selama periode yang sama.

Walaupun penjualan dan keuntungan Apple di India meningkat dua kali lipat, Apple mengatakan bahwa mereka tidak memberikan dividen kepada pemilik saham selama tahun fiskal 2015.

“With a view to conserving its financial resources, no dividend payout to the company’s shareholders has been recommended by the board of directors for the current year,” Apple India wrote in an annual report.


Baca juga:


Kendati begitu, Apple menemui sejumlah kendala untuk meningkatkan pangsa pasar iPhone di India. Di negara tersebut, pangsa pasar saat ini hanya tercatat mencapai 9 persen. Penyebabnya adalah harga banderol yang lebih mahal daripada smartphone besutan pesaing bagi kebanyakan orang India.

Kendala lainnya adalah sering terlambatnya peluncuran produk Apple, misalnya saja Apple Watch. Di India, mereka baru meluncurkannya hampir 7 bulan setelah tersedia pertama kali di sejumlah negara gelombang pertama.

[source site_name = “Apple Insider” site_url = “http://appleinsider.com/articles/15/11/19/apple-crossed-1-billion-sales-mark-in-india-in-2015-official-data-shows”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest