Follow Us

Dibongkar iFixit, Smart Keyboard Dilapisi Kain Anti Air dan Debu

Andri Alfansyah - Rabu, 25 November 2015 | 15:32
Dibongkar iFixit, Smart Keyboard Dilapisi Kain Anti Air dan Debu

Aksesoris Smart Keyboard bawaan perangkat iPad Pro baru saja menjalani pembedahaan di ruang bedah milik iFixit dan terungkap sejumlah bahan dan mesin jeroan yang membuat keyboard tersebut “pintar”.

Dari pembedahan iFixit, Smart Keyboard disebutkan dilapisi dengan kain sejenis nilon yang menutupi seluruh bodi bagian luarnya dan juga tiga kain induktif di bagian dalamnya. Bahan-bahan kain tersebut berfungsi menjaga Smart Keyboard tahan terhadap air dan debu.

Terlihat juga barisan struktur switch dan komponen spacebar kaku di bagian dalam tutup tombol-tombol Smart Keyboard. Desain switch yang sama sebelumnya hadir pula di lini keyboard MacBook Retina 15 inci.

Di bagian frame keyboard terlihat garis-garis berlekuk yang disebutkan iFixit merupakan tempat keluarnya udara (ventilasi) setiap kali pengguna menekan tombol-tombolnya.

Menelisik ke bagian dalam, terdapat circuit board yang terletak di bagian tengah Smart Keyboard. Karena bentuknya yang tipis, tidak ditemukan adanya lampu LED, baterai, atau pun kipas pendingin.

iFixit akhirnya bisa membongkar bagian mesin Smart Keyboard. Di dalamnya ditemukan microcontroller ST Microelectronics STM32F103VB 72 MHz 32-bit RISC ARM Cortex-M3 yang menjadi otak keyboard itu.

Seperti biasa, iFixit selalu memberikan nilai untuk tingkat kemudahan perbaikan produk-produk Apple yang dibedah. Namun kali ini, mereka tidak memberikan nilai berapa pun buat Smart Keyboard karena mustahil diperbaiki.

Smart Keyboard terkoneksi dengan iPad Pro melalui Smart Connector dan berjenis QWERTY keyboard dengan 64 tombol. Apple menjualnya di pasaran dengan harga $149.


Apple Merilis iPad Pro 12 inci dengan Aksesoris Apple Pencil & Smart Keyboard

[source site_name = “iFixit” site_url = “https://www.ifixit.com/Teardown/Smart+Keyboard+Teardown/53052?utm_medium=email&utm_campaign=Smart+Keyboard+Teardown&utm_content=Smart+Keyboard+Teardown+CID_3ba28b3d3e1ed6657dcfb40f97848b56&utm_source=CampaignMonitor&utm_term=Smart%20Keyboard%20teardown#”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest