Follow Us

Beragam Tips Memotret dengan iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Bagus Hernawan - Jumat, 27 November 2015 | 18:52
Beragam Tips Memotret dengan iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Perangkat iPhone memang memiliki fitur kamera yang bisa kamu andalkan – untuk mengabadikan segala kegiatan baik acara keluarga hingga pekerjaan. Nah tim MakeMac punya beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi Camera di iPhone. Ya, tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, semua pembahasan ini menggunakan app Camera yang ada di iPhone 5s saya. Yuk langsung saja!

1. Intip Settings Dulu Yuk!

Saya yakin di antara kamu pasti ada yang jarang masuk ke Settings > Photos & Camera. Bagian ini berisi beberapa pengaturan seputar aplikasi Photos dan penggunaan Camera di perangkat iPhone. Seperti mode iCloud Photo Library, Photo Stream, iCloud Photo Sharing, Summarize Photos dan lainnya yang berhubungan dengan penyimpanan.

Nah untuk mode Camera, ada 2 pengaturan yang harus kamu cek. Yaitu Grid atau garis bantuan yang tampil ketika kamu memotret serta mode Record Video. Saya sering mematikan mode Grid kecuali untuk mengambil gambar bangunan – mencari garis tegak. Untuk pengaturan Record Video, ada 2 ukuran resolusi yang dapat kamu pilih yaitu 720p dan 1080p. Sebagai tambahan di iPhone 6 ada 3 mode video dan 2 pengaturan Slo-Mo.

2. Kenali Semua Fitur yang Ada di App Camera

Ada banyak fitur yang tersedia di app Camera, semuanya bisa kamu akses dengan mudah dan cepat sambil melihat objek yang ingin kamu foto. Empat ikon di atas (dari kiri ke kanan) adalah Flash, HDR, Timer dan mengganti ke kamera depan.

Sisanya di bagian bawah ada beberapa mode mengambil gambar. Yaitu Time-Lapse, Slo-Mo, Video, Photo, Square dan Panorama. Ikon 3 titik di kanan bawah adalah Live Filter untuk memberikan efek gambar dan melihatnya sebelum dijepret.

3. Paling Penting: Pastikan Foto Kamu Fokus!

Perangkat iPhone 4s atau yang lebih baru memang sudah dilengkapi dengan fitur deteksi wajah sebagai fokus foto. Namun tidak selamanya yang kamu foto adalah wajah kan? Nah ketika memotret objek benda, pastikan kamu sudah memberikan fokus pada bagian yang diinginkan ya.

Caranya tekan dan tunggu hingga kotak kuning tampil di bagian tersebut. Untuk pengguna perangkat iOS 9, kini ada mode fokus dan pengaturan exposure yang fleksibel. Yaitu dengan cara tekan layar dengan jari kamu di layar hingga muncul ikon matahari. Setelah itu swipe atas atau bawah untuk mengubah exposure foto. Mode ini akan membuat tampilan exposure foto lebih terang (atas) atau gelap (bawah) namun tetap berfokus pada objek yang kamu pilih.

4. Lebih Dekat, Lebih Fokus dan Spesifik

If Your Pictures Aren’t Good Enough, You’re Not Close Enough

Quote dari fotografer Robert Capa ini bisa menjadi inspirasi kamu. Berusahalah untuk membuat foto yang lebih dekat dengan objek kamu dan bebas gangguan. Metode rules of thirds juga bisa kamu gabungkan di teknik ini. Tentunya memang sedikit butuh waktu untuk mendapatkan hasil yang baik, namun semua itu tidak ada salahnya kamu coba kan?

5. Jangan Malu untuk Terus Memotret – Burst Mode

Momen yang kamu saksikan mungkin tidak akan pernah terulang. Ya, untuk itulah mode rentetan foto (burst) bisa kamu andalkan. Cukup tekan dan tahan tombol shutter warna putih di layar untuk membuat iPhone mengambil gambar berkali-kali. Nantinya jangan lupa memilih frame terbaik dan pastikan untuk menghapus sisanya supaya tidak membuat penuh memori penyimpanan iPhone kamu.


Baca Juga:

Editor : Bagus Hernawan

Latest