Follow Us

Bocoran Terbaru Clash of Clans, Mekanisme & Taktik Berperang Baru!

Alexius Aditya - Kamis, 03 Desember 2015 | 12:43
Bocoran Terbaru Clash of Clans, Mekanisme & Taktik Berperang Baru!

Kabar baik datang dari tim pengembang Supercell, untuk gamenya yang fenomenal, Clash of Clans. Game ini begitu terkenalnya hingga saya yakin pasti kalian semua pernah memainkannya. Tim pengembang bahkan mengatakan bahwa mereka telah mendapatkan review lima bintang dari lebih dari satu juta reviewer di App Store.

Clash of Clans adalah sebuah MMORTS yang dirilis di App Store tiga tahun lalu, pada tahun 2012. Walaupun game ini adalah sebuah game freemium, sistem IAP yang adil dan mekanisme permainan yang terus diperbarui menjadikan game ini tetap disukai walaupun banyak game sejenis mulai berdatangan, mencoba untuk berkompetisi.

Tim pengembang kembali memberikan bocoran untuk kalian para Clashers, update terbaru dari Clash of Clans. Tidak tanggung-tanggung, lima sistem mekanisme baru mulai diperkenalkan oleh mereka pada update terbarunya yang tanggal rilisnya masih belum diumumkan ini.

Shields I – Menyerang dan Bertahan

Perubahan dari shield di desain sedemikian rupa agar pertahanan dari sebuah village menjadi lebih adil, waktu bermain pemain menjadi lebih flexible, sehingga membuat pemain menjadi lebih termotivasi untuk menyerang pemain lain.

Adanya update dari mekanisme shield ini membawa dua perubahan besar:

  • Kerusakan pada Town Hall tidak lagi menghasilkan shield, jadi sebaiknya jagalah Town Hall kalian baik-baik.
  • Menyerang pada saat kalian terlindungi oleh shield, tidak lagi menghancurkan shield kalian, sebagai gantinya waktu shield akan berkurang.
Apa arti dari dua perubahan besar diatas? Akan memungkinkan untuk sebuah village dapat diserang dan mendapatkan shield, lalu menyerang dua sampai tiga kali lagi tanpa menghilangkan shield. Oleh karena itu, tim pengembang juga mengganti mekanisme untuk mendapatkan sebuah shield:

  • 12 jam waktu shield akan diberikan jika terjadi 30% kerusakan.
  • 14 jam waktu shield akan diberikan jika terjadi 60% kerusakan.
  • 16 jam waktu shield akan diberikan jika terjadi 90% kerusakan.
  • Meskipun demikian, jika penyerang tidak melepaskan lebih dari 1/3 dari jumlah pasukannya, maka kalian tidak akan mendapatkan shield sama sekali.
Sedangkan menyerang pada saat kalian terlindungi oleh shield akan menjadi sebagai berikut:

  • Meskipun sebuah village masih dilindungi oleh shield, kalian masih dapat memasuki multiplayer matchmaking, mencari target, ataupun mencoba untuk membalas serangan.
  • Ketika sebuah village masih dalam kondisi terlindungi oleh shield, waktu shield akan dikurangi selama tiga jam jika kalian memasuki multiplayer matchmaking, atau melakukan serangan balasan.
  • Serangan lain yang dilakukan oleh pemain ketika masih dalam keadaan terlindungi shield akan membuat waktu shield dikurangi dengan jumlah jam yang semakin bertambah (4 jam, 5 jam, dan seterusnya).

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Shields II – Village Guard dan Personal Breaks

Masih berbicara tentang perubahan mekanisme untuk shields, tim pengembang juga merubah sistem permainan agar menjadi lebih fokus pada jadwal bermain tiap pemain. Setelah mereka memikirkan tentang bagaimana pemain dapat tetap menyerang tanpa harus kehilangan perlindungan dari shield, tim pengembang mulai memperkenalkan fitur barunya yang menunjang waktu online dari tiap pemain. Perkenalkan fitur terbaru Clash of Clans, yaitu Village Guard.

Village Guard berfungsi sebagai opsi lain untuk mencegah village kalian diserang ketika sedang tidak terlindungi oleh shield.

  • Ketika village guard sedang aktif, maka village akan tampil seakan kalian sedang online, meskipun kalian sebenarnya sudah tidak lagi bermain.
  • Pemain tetap dapat menyerang melalui village guard tanpa mendapat hukuman, yaitu dikuranginya waktu aktif village guard.
  • Village guard akan aktif secara otomatis ketika waktu dari shield telah habis, dari 15 menit sampai tiga jam, tergantung dari Liga pemain.
  • Dua jam bonus dari waktu village guard dapat dibeli dengan membayar sepuluh gems, setiap hari, ketika village pemain sudah tidak lagi terlindungi oleh shield (23 jam cooldown)
  • Village guard yang sedang aktif dapat dinonaktifkan kapan saja.
  • Membeli shield lewat shop berarti menonaktifkan village guard yang sedang aktif saat itu.
Dengan kata lain, village guard berfungsi seperti bantuan waktu online. Misalnya saja, ketika kalian sedang makan, kalian dapat menutup aplikasi Clash of Clans setelah mengaktifkan village guard terlebih dahulu. Village guard juga akan membantu para pemain top-level untuk tetap dapat bermain tanpa harus dibuat frustasi ketika game mereka terputus dari jaringan internet karena terlihat seperti sedang tidak bermain atau idle.

Editor : Alexius Aditya

Latest