Follow Us

Review Magnet: Selamat Tinggal Jendela Aplikasi Berantakan di Mac

Bagus Hernawan - Selasa, 01 Desember 2015 | 15:22
Review Magnet: Selamat Tinggal Jendela Aplikasi Berantakan di Mac

Sebagai pengguna komputer Mac dengan beragam aplikasi yang harus digunakan sekaligus, saya sering bingung jika desktop sudah bertumpuk-tumpuk. Mengandalkan monitor tambahan bisa jadi solusi, tapi kamu tetap harus memperbaiki tabiat untuk menumpuk aplikasi ya! Atau kamu harus menyeret setiap aplikasi dalam posisi yang pas dan tidak saling bertabrakan untuk dapat melihatnya bersamaan.

Nah supaya semuanya jendela aplikasi kamu dapat diatur dengan mudah, coba gunakan Magnet! Aplikasi ini dapat memberikan shortcut cepat untuk mengorganisir ukuran jendela setiap aplikasi. Rapi, cepat dan berfitur shortcut yang nge-geek banget adalah 3 kata kunci dari Magnet! Berikut ini hasil percobaan tim MakeMac, langsung simak ya!

Mengenal Magnet

Seperti penjelasan saya di awal, Magnet dapat membantu kamu merapikan jendela ukuran aplikasi yang ingin dilihat, secara cepat dengan kombinasi shortcut. Ya, tidak perlu lagi menggeser ujung jendela setiap aplikasi dan membuatnya pas dengan aplikasi lain.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan mengunduh Magnet dari App Store dan lakukan beberapa pengaturan. Yaitu seputar Privacy & Security alias mengijinkan Magnet mengakses mode Accessibility di OS X. Tidak sulit kok, kamu tinggal ikuti langkah yang ada di gambar atas.

Setelah sukses dengan pengaturan, kamu akan mendapatkan panduan untuk menggunakan Magnet via fitur tekan dan tahan jendela layar aplikasi. Setelah itu arahkan ke salah satu sudut layar monitor atau bagian tengah di antara 2 sudut tadi untuk membuatnya berukuran sesuai setengah layar atau seperempat.

Akses Lewat Shortcut

Nah ini dia favorit saya, menggunakan shortcut alias kombinasi keyboard! Intip dulu shortcut dari Magnet via menu bar OS X ya. Ada mode Left, Right, Top Left, Top Right, dan beragam hal lainnya. Pengguna juga bisa melakukan kustomisasi shortcut untuk membuatnya lebih sesuai dengan penggunaan. Saya sendiri tidak mengubah shortcut apapun karena dirasa sudah cocok dan betah.

Contoh penggunaan Magnet yang paling gampang adalah membaca artikel di Safari sambil melihat pekerjaan lain seperti membuka akun Twitter sekaligus melihat sebuah video. Nantinya jika salah satu pekerjaan tadi harus kamu tampilkan secara lebih besar, tinggal gunakan shortcut Maximize yang ada di Magnet dan kembalikan lagi dengan shortcut lainnya. Menarik kan!


Baca Juga:

Buruan Unduh Magnet!

Saya sangat menikmati Magnet ketika bekerja di monitor tambahan yang besar dan ingin lebih produktif dengan membagi layarnya dalam beberapa aplikasi. Magnet bisa melakukan pekerjaan itu dengan baik dan mudah, tanpa saya perlu membuat saya repot. Sayangnya belum ada mode untuk mematikan fitur mengarahkan jendela ke setiap sudut – kadang fitur ini agak mengganggu terutama bagi fans setia fitur Hot Corners di Mac.

Segera unduh Magnet dari pengembang CrowdCafé seharga 75 ribu Rupiah dan ucapkan selamat tinggal pada mode mengatur jendela aplikasi secara manual!

Download Magnet · Harga: 15000


Review Pins, Bookmark Manager Ekstra Leluasa & Fitur Organisir Handal


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest