Follow Us

Perang Paten Berakhir, Samsung Setuju Bayar Denda Rp 7,5 T Kepada Apple

Andri Alfansyah - Senin, 07 Desember 2015 | 11:14
Perang Paten Berakhir, Samsung Setuju Bayar Denda Rp 7,5 T Kepada Apple

Apple dan Samsung dikabarkan telah menemui kesepakatan untuk mengakhiri perseteruan panjang mereka dalam kasus pelanggaran hak cipta paten yang telah berlangsung selama hampir 5 tahun.

Seperti dilaporkan Fosspatents (via 9to5Mac), Samsung telah setuju untuk membayar denda yang dibebankan pengadilan tinggi Amerika Serikat sebesar $548 juta atau sekira Rp 7,5 triliun kepada Apple.

Samsung dilaporkan bakal membayar denda setelah Apple mengirimkan bukti invoice denda itu kepada perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan tersebut secepatnya. Selanjutnya, Mereka bakal membayar denda kepada Apple pada 14 Desember.

Bukti invoice tersebut bakal digunakan Samsung untuk mendapatkan penggantian uang untuk setiap putusan yang dikeluarkan oleh pengadilan di masa mendatang kalau-kalau hasil evaluasi paten oleh USPTO berkata lain. Mereka menyatakan mereka memiliki hak untuk itu.

….Samsung further reserves all rights to reclaim or obtain reimbursement of any judgment amounts paid by Samsung to any entity in the event the partial judgment is reversed, modified, vacated or set aside on appeal or otherwise, including as a result of any proceedings before the USPTO addressing the patents at issue or as a result of any petition for writ of certiorari filed with the Supreme Court.


Baca juga:


Kendati begitu, Apple telah menyampaikan keberatan dengan permintaan Samsung itu. Mereka dilaporkan menentang hak Samsung untuk mendapatkan penggantian uang.

Kasus persidangan hak paten antara Apple dan Samsung telah berlangsung sejak 2011 silam. Samsung ditemukan bersalah telah melanggar sejumlah paten teknologi iPhone yang dimiliki Apple dengan denda sebesar hampir $1 milyar. Tapi karena dirasa terlalu besar, denda itu kemudian dipangkas sekitar separuhnya.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2015/12/04/apple-samsung-patent-trial-settlement/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest