Follow Us

Craig Frederighi Bicara Soal Swift Jadi Program Open Source

Andri Alfansyah - Selasa, 15 Desember 2015 | 13:18
Craig Frederighi Bicara Soal Swift Jadi Program Open Source

Senior Vice president of software Engineering, Craig Federighi, berbicara banyak hal seputar bahasa pemrograman, Swift, yang telah Apple luncurkan sebagai proyek open-source pada awal bulan ini.

Dari wawancaranya bareng John Gruber dari Daring Fireball (via 9to5Mac), Craig Frederighi mengatakan motivasi di balik keputusan Apple meluncurkan Swift sebagai program terbuka buat para pengembang.

Di minggu pertama peluncuran Swift, Craig Frederighi mengungkapkan bahwa Apple menemukan bahasa pemrograman canggihnya ini lebih populer dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya di Github.

Kepopuleran Swift disebutkan bahkan membuat para pengembang Swift di Apple lebih banyak berinteraksi dengan pengembang pihak ketiga daripada pengembang dari Apple sendiri.


Baca juga:


Lebih dari itu, Craig Frederighi menyebutkan bahwa salah satu keuntungan dari dibukanya Swift adalah bahasa pemrograman tersebut bisa dipelajari di sekolah manapun dengan mudah.

Tidak hanya itu, Craig Frederighi juga menyampaikan hal-hal menarik lainnya tentang Swift, seperti antusiasme pengembang Apple dalam menggunakan Swift; kekurangan dibukanya Swift bagi pengembang yang tak ada hubungannya dengan bisnis Apple; juga harapannya soal Swift 20 tahun mendatang.

Nah ingin mengetahui keseluruhan wawancara Craig Frederighi ini? Kamu bisa mendengarkan podcast-nya atau mengunduhnya di tautan ini.

[source site_name = “Daring Fireball” site_url = “http://daringfireball.net/thetalkshow/2015/12/14/ep-139”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest