Follow Us

Snapdrop: Pengganti AirDrop Anti Repot, via Peramban Saja

Bagus Hernawan - Rabu, 30 Desember 2015 | 18:36
Snapdrop: Pengganti AirDrop Anti Repot, via Peramban Saja

Sering mengandalkan fitur AirDrop di komputer Mac dan perangkat iOS? Beberapa di antara kamu pasti juga seperti saya, mengalami kendala di fitur AirDrop sejak menggunakan OS X El Capitan. Nah jika masalah tersebut membuat kamu repot, silahkan coba gunakan [Snapdrop yang beberapa hari ini masuk laman ProductHunt deh. Yuk kita bahas langsung!

Mengenal Snapdrop

Bisa dibilang mirip dengan AirDrop, bisa juga tidak. Snapdrop berfungsi untuk mengirimkan dokumen via peramban di perangkat iOS atau OS X. Nah bagian dari mengirim dokumen via peramban adalah yang membuatnya berbeda dengan AirDrop. Sedangkan kesamaan dari keduanya adalah dapat digunakan dalam jaringan lokal dan tidak memerlukan pengaturan akun.

Teknologi yang digunakan oleh Snapdrop adalah P2P (Peer 2 Peer) dengan dukungan mode WebTRC pada peramban – digantikan dengan Web Socketcs pada peramban yang tidak mendukung yaitu Safari dan IE.

Baca Juga:

Yuk Langsung Cobain!

Cara menggunakan Snapdrop sangatlah mudah. Kamu tinggal buka laman Snapdrop.net pada 2 perangkat sekaligus. Tidak harus menggunakan peramban yang sama – Safari di iPhone dan Firefox di perangkat OS X juga tidak masalah.

Setelah kedua perangkat tersebut saling mengenali, akan tampil ikon di layar utama Snapdrop yang dapat kamu tekan untuk mulai mengirim file. Silahkan pilih gambar atau video pendek saja untuk percobaan pertama. Kirim dokumen tersebut dan tunggu informasi dokumen dapat diunduh pada sisi penerima.

Sebagai catatan, jika kamu menggunakan peramban Safari di komputer Mac, hasil gambar yang dikirim dari Snapdrop akan berbentuk tautan dengan prefix (blob:) yang harus membuat kamu menyimpannya dengan sedikit langkah lagi. Sedangkan untuk perambang Google Chrome atau Firefox, dokumen tadi akan otomatis masuk ke folder Downloads atau tempat yang kamu tentukan. Ya, disinilah teknologi WebTRC yang tadi kita bahas mengambil peran.

Akhir Kata

Saya sudah mencoba Snapdrop dan menikmati langkah mudahnya untuk berbagi file gambar hasil jepretan atau screenshot dari iPhone ke komputer. Kemudahan proses sinkronisasi via peramban, akses P2P yang tidak perlu akun dan tampilan yang ringkas adalah 3 hal yang membuat Snapdrop patut untuk kamu cobain juga ya!

Layanan Snapdrop dapat dinikmati secara gratis dan tidak ada batasan maksimak dokumen yang bisa kamu kirim dan terima. Jika kamu ingin mendukung sang pengembang, berikan donasi kepada mereka dari laman berikut ini.

UPDATE (5 September 2017): Tautan untuk menggunakan Snapdrop berubah ke laman berikut ini.

BitTorrent Sync, Alternatif AirDrop di Perangkat OS X dan iOS


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest