Follow Us

4 Alasan Apple Bakal Buang Jack Headphone di iPhone 7

Andri Alfansyah - Senin, 11 Januari 2016 | 15:24
4 Alasan Apple Bakal Buang Jack Headphone di iPhone 7

Gaung bakal dibuangnya jack headphone 3,5mm di iPhone 7 mungkin adalah kabar yang paling heboh mengenai Apple di seantero online selama beberapa minggu ini. Lantas apa sih sebenarnya alasan Apple berniat membunuh fitur yang selama ini sudah menjadi standar di iPhone ini?

Techinsider baru-baru ini menghimpun empat alasan mengapa Apple harus membunuh colokan jack headphone di smartphone generasi berikutnya yang bakal diluncurkan September tahun ini.

Berikut keempat alasannya:

1. iPhone 7 Bisa Tampil Lebih Tipis

Alasan pertama tidak lain adalah Apple berambisi untuk membuat iPhone generasi baru dengan desain lebih tipis. Buat mencapai hal itu, mereka tidak punya alasan untuk tetap mempertahankan lubang jack headphone di iPhone 7 nanti.

Dengan hilangnya lubang audio tersebut, iPhone 7 diklaim bakal memiliki bodi sekira 1mm lebih tipis dari iPhone 6s yang ada di pasaran saat ini. iPhone 6s memiliki dimensi ketebalan hanya 7,1mm.

2. Tak Ada Baterai Tambahan buat Headphone dengan Fitur Noise-Canceling

Ketidakhadiran headphone jack 3,5mm memungkinkan Apple untuk tidak menyediakan tambahan baterai buat mentenagai fitur peredam bising (noise-canceling) di dalamnya. Sebagai contoh adalan headphone merek Bose dengan tambahan baterai yang membuatnya tampak kaku.

Melalui Lightning port, Apple tidak perlu repot mencari cara untuk mentenagai fitur noise canceling. Hal ini karena koneksi tersebut yang bakal memberikan tenaganya secara langsung tanpa melalui baterai tambahan.


Baca juga:


3. Mendukung Audio Resolusi Tinggi

Pemutaran musik beresolusi tinggi ternyata belum mampu dilakukan oleh headphone jack analog. Tapi, pemutaran musik jenis hanya bisa hantarkan melalui koneksi Lightning.

Oleh karena itu dihilangkannya headphone jack 3,5mm ini di iPhone 7 nanti sangat masuk akal. Terlebih lagi, Apple sebelumnya dikabarkan punya rencana buat meluncurkan musik dengan resolusi tinggi di Apple Music.

4. Headphone Dengan Koneksi Lightning Lebih Pintar

Menurut Alex Heath, kamu bisa mengaktifkan aplikasi musik, seperti Apple Music atau Spotify, atau apa saja yang kamu sukai ketika mencolokan headphone dengan koneksi Lightning. Hal ini dimungkinkan karena koneksi Lightning dapat menghantarkan informasi lebih banyak ketimbang headphone jack analog biasa.

Akhir Kata

Nah itulah sekelumit alasan mengapa iPhone 7 bakal kehilangan fitur jack headphone 3,5mm. Namun mungkin masih banyak alasan lainya mengapa Apple berniat membuang koneksi audio jadul itu di iPhone generasi berikutnya. Jika kamu punya informasi lain, jangan sungkan buat membagikannya di kolom yang ada di bawah ini ya.


200 Ribuan Konsumen Tandatangani Petisi Tolak iPhone 7 Tanpa Jack 3,5mm

[source site_name = “Techinsider” site_url = “http://www.techinsider.io/apple-kills-the-headphone-jack-iphone-7?op=0#/#it-allows-apple-to-make-the-device-thinner-1”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest