Follow Us

Donald Trump Bakal Paksa Apple Alihkan Produksi dari Tiongkok ke AS

Andri Alfansyah - Selasa, 19 Januari 2016 | 11:52
Donald Trump Bakal Paksa Apple Alihkan Produksi dari Tiongkok ke AS

Taipan kaya sekaligus calon presiden dari Partai Republik Amerika Serikat, Donald Trump dikabarkan mempunyai cara jitu supaya Apple bisa mengalihkan semua sistem produksinya di dalam negeri Paman Sam tersebut.

Seperti dikutip Gizmodo, Donald Trump dalam pidatonya di Liberty University mengatakan bahwa orang Amerika pintar dan bisa diandalkan. Oleh karena itu, ia bakal memaksa Apple untuk memproduksi produk-produknya di AS.

“We’re going to get Apple to build their damn computers in this country instead of other countries.”

Walau rencana itu kedengaran tampak sangat ambisius buat memenangkan pemilihan umum presiden di AS, Donald Trump tidak secara jelas merinci bagaimana ia bisa memaksa Apple untuk melakukan hal tersebut.

Malahan, presiden sekalipun disebutkan tidak bisa melarang suatu perusahaan untuk melakukan sistem produksi secara outsourcing dari Asia seperti yang dilakukan Apple saat ini. Juga ia pun tidak memiliki kewenangan untuk mengubah sistem tatanan ekonomi global secara menyeluruh.

Donald Trump bisa saja melakukan upaya advokasi untuk memenangkan aturan hukum untuk memaksa Apple mengalihkan produksinya ke AS. Kendati begitu, hal itu sangat tak beralasan walaupun pemerintah bisa memberikan insentif dan pajak yang rendah kepada Apple.


Baca juga:


Belum lagi dengan rantai pasokan Apple dari Asia yang jumlahnya sangat banyak dan besar, hal itu sama sekali tidak sebanding dari yang bisa diberikan AS.

Tim Cook sendiri sebelumnya pernah menyebutkan bahwa alasan mengapa Apple memproduksi produknya di Tiongkok adalah karena keahlian pegawai di sana yang tidak dimiliki orang AS.

Jadi ambisi Donald Trump untuk menjadikan AS sebagai pusat produksi produk-produk Apple untuk bersaing dengan Tiongkok bisa dibilang tidak bakal mungkin terjadi.

[source site_name = “Gizmodo” site_url = “http://gizmodo.com/trump-says-he-will-force-apple-to-manufacture-in-the-us-1753626111”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest