Follow Us

Berapa Banyak Aplikasi Bawaaan di iOS 9 yang Menggunakan Swift?

Bagus Hernawan - Selasa, 19 Januari 2016 | 13:42
Berapa Banyak Aplikasi Bawaaan di iOS 9 yang Menggunakan Swift?

Di ajang WWDC 2014 lalu Apple merilis Swift sebagai bahasa pemrogaman baru yang dapat digunakan di dalam XCode. Beragam pengembang aplikasi di iOS mulai mengaplikasikan hal ini dan semakin gencar di tahun 2015. Terbukti di laman grafik TIOBE Software, Swift menyalip Objctive-C beberapa peringkat sebagai bahasa pemrogaman paling populer di dunia.

Namun bagaimana dengan Apple? Berapa banyak aplikasi mereka yang menggunakan Swift di iOS 9? Sudah banyak, sedikit atau bagaimana? Jawabannya hanya 1 aplikasi saja…

Swift has quickly gained popularity among many third party developers, but what about for Apple’s own code? As of iOS 9.2, Calculator.app is the only place in the system that you’ll find any Swift. I expected to find at least a few other apps or frameworks that had incrementally adopted Swift for new code, but that doesn’t appear to be the case for now.

Catatan yang ditulis oleh Ryan Olson ini menjelaskan Apple baru menulis apliasi bawaan di iOS 9 dengan Swift pada app Calculator di iOS 9. Itu saja tidak murni Swift, hanya 2 dari 22 class – sisanya masih Objective-C. Metode yang digunakan juga sama dengan aplikasi pihak ketiga, menghubungkan bundle dari Swift-library. Kabarnya ini dilakukan karena Swift Application Binary Interface (ABI) masih belum stabil secara penuh.


Baca Juga:

Lantas bagaimana dengan aplikasi dari Apple di App Store? Kabarnya sih app WWDC dan app Apple Store yang hadir di perangkat Apple Watch sudah menggunakan Swift. Untuk info lengkap dan penjelasan dari Ryan Olson, silahkan simak laman medium berikut ini ya!

Sedikit mundur ke belakang, Apple mengubah Swift 2 menjadi open-source sejak akhir 2015 lalu. Dengan begitu para pengembang dapat turut berkontribusi dan membuatnya semakin ramah untuk dunia pendidikan.


Ini Daftar Perangkat iOS yang Mendukung Night Shift di iOS 9.3

[source site_name = “Ryan Oslo” site_url = “https://medium.com/@ryanolsonk/is-apple-using-swift-4a6c80f74599#.o99jjmijt”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest