Follow Us

Suami Meninggal, Janda Ini Minta Password Apple ID Kepada Apple

Andri Alfansyah - Rabu, 20 Januari 2016 | 13:07
Suami Meninggal, Janda Ini Minta Password Apple ID Kepada Apple

Apple dikabarkan telah menolak permintaan seorang nenek bernama Peggy Bush asal Victoria, Kanada, untuk mendapatkan password Apple ID milik suaminya, David Bush, yang telah meninggal dunia kecuali ada perintah resmi dari pengadilan.

Seperti dilaporkan CBC (via Apple Insider), Peggy Bush hanya mengetahui passcode buat masuk ke perangkat iPad, tapi tidak mengetahui password Apple ID suaminya yang meninggal karena kanker paru-paru pada Agustus tahun lalu.

Peggy Bush membutuhkan Apple ID tersebut untuk mengaktifkan kembali game kartu yang digemarinya di perangkat iPad. Game kartu favorit itu suatu kali tiba-tiba tidak bisa dimainkan. Dia mencoba membukanya kembali tapi tak berhasil karena game itu meminta password Apple ID milik suaminya.

“I just had the iPad. I didn’t touch his computer, it was too confusing to me … I didn’t realize he had a specific password I should have known about … it just never crossed my mind.”

Anak perempuan Peggy Bush, Donna Bush telah beberapa kali menghubungi perwakilan Apple tapi tak mendapatkan jawaban memuaskan. Lalu, ia mengirim surat yang ditujukan langsung kepada Tim Cook untuk menyelesaikan masalah tanpa harus pergi ke pengadilan.

Namun tetap saja, Apple mengatakan bahwa hal tersebut sudah menjadi kebijakan yang tidak bisa diubah walaupun Peggy Bush memiliki akta kematian suaminya.

“I then wrote a letter to Tim Cook, the head of Apple, saying this is ridiculous. All I want to do is download a card game for my mother on the iPad,” Donna said. “I don’t want to have to go to court to do that, and I finally got a call from customer relations who confirmed, yes, that is their policy.”


Baca Juga:


Kabarnya Apple telah menemui keluarga Bush untuk menyelesaikan permasalahan itu. Tapi mereka menolak memberikan komentarnya soal kepemilikan data digital milik anggota keluarga yang telah meninggal untuk diwariskan ke anggota keluarga yang masih hidup.

Apple memang sangat tegas mengenai kebijakannya soal privasi dan data pengguna supaya tidak jatuh ke tangan orang-orang jahil. Pun dengan pemintaan Apple ID yang diwariskan dari anggota yang telah meninggal dunia (digital legacy) tidak bakal mudah dikabulkan.

[source site_name = “Apple Insider” site_url = “http://appleinsider.com/articles/16/01/19/apple-grants-widow-access-to-husbands-apple-id-after-demanding-court-order”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest