Follow Us

Berhenti Berharap Datangnya Jailbreak iOS 9.2

Bagus Hernawan - Rabu, 03 Februari 2016 | 21:39
Berhenti Berharap Datangnya Jailbreak iOS 9.2

Semenjak Apple merilis pembaruan iOS 9.1 bagi pengguna umum, para sahabat MakeMac menanyakan tentang kehadiran tools Jailbreak yang mendukung. Ya, ini karena celah keamanan alias exploit di iOS 9.0.2 untuk melakukan Jailbreak sudah ditutup oleh Apple. Bahkan berlanjut hingga iOS 9.2 dan sekarang iOS 9.2.1. Semuanya tidak ada yang mendukung Jailbreak lagi.

Jadi saya pribadi berpendapat bahwa Jaibreak tidak akan ada lagi di iOS 9.2 atau seterusnya. Ya, kenapa? Berikut ini beberapa pendapat saya mengenai hal tersebut:

1. Celah Jailbreak iOS 9.2 Kian Sulit Didapatkan

Tidak seperti Jailbreak di jaman iPhone 3GS misal yang bisa menemukan Low Level Bootrom Exploit, kini Jailbreak hanya mengandalkan celah yang tidak bersifat hardware atau kernel utama. Hal ini membuat Apple lebih mudah menutupnya lewat pembaruan sistem operasi. Sejauh informasi yang saya dapatkan, Limera1n dan reds0w adalah 2 nama tools Jailbreak yang memanfaatkan Low Level Bootrom Exploit pada jamannya.

2. Para Hacker Lebih Suka Menjual Hasil Temuan Exploit

Dibandingkan para hacker Jailbreak di masa awal, kini para tukang oprek celah keamanan ini lebih suka menjual hasil temuannya. Ya, salah satunya yang ada di sayembara remote Jailbreak iOS 9.1. Pengembang yang namanya dirahasiakan ini mendapatkan $1 juta karena berhasil melakukan Remote Jailbreak – metode Jailbreak tanpa perlu menghubungkan perangkat iOS ke komputer.

Membawa exploit ke sayembara seperti ini membuat celah keamanan yang ditemukan menjadi hak privat dari perusahaan sekuritas yang memberikan hadiah. Alih-alih membuatnya sebagai tools Jailbreak, bisa jadi mereka malah menjualnya langsung ke Apple untuk ditutup pada iOS terbaru. Saya tidak punya informasi yang spesifik mengenai kemungkinan ini, apakah kamu bisa melengkapi opini saya?

3. Keamanan “Rootless” di iOS 9

Seperti penjelasan saya di awal rilis OS X El Capitan dan iOS 9, Apple menjelaskan tentang teknologi keamanan Rootless. Secara sederhana fitur dibalik layar ini akan membatasi akses terhadap file system penting (root access). Tentunya ini menjadi salah satu penghalang dari para peretas keamanan iPhone dan iPad untuk menemukan exploit. Ingat, lebih sulit namun bukannya tidak mungkin. Buktinya kan di iOS 9.0.2 ada tools Jailbreak dari Pangu.

Baca Juga:

4. Buat Apalagi Jailbreak di iOS 9.2?

Pertanyaan sederhana ini sering saya tanyakan kepada teman-teman yang terus bertanya kapan datangnya Jailbreak di iOS 9.2. Untuk apa melakukan Jailbreak? Sebagian besar fitur yang dulunya hanya bisa diperoleh via tweak Jailbreak, kini tersedia kok sebagai fitur bawaan iOS 9.

Kecuali jika jawaban mereka adalah mengunduh aplikasi tanpa membeli (baca: mencuri atau aplikasi bajakan), obrolan dianggap selesai dan saya akhiri dengan senyuman. :)

Pendapat Kamu?

Saya bukan kelompok Fanboy Apple yang anti dengan Jailbreak. Tetapi jika memang Jailbreak sudah tidak populer lagi seperti jamannya, sudah bukan menjadi hal yang seru untuk dilakukan dan harus menunggu lama, saya memilih untuk tidak berharap lagi.

Lagipula semua insinyur di Apple sudah bersusah payah untuk mendesain sistem operasi, tampilan paling indah dan fitur terbaik untuk para pengguna. Setuju? Atau punya pendapat lain? Silahkan bagikan di kolom komentar ya!

Mencoba Family Sharing & Keamanan Pembayaran Kartu Kredit


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest