Follow Us

5 Gesture Rahasia di iPhone, iPad yang Wajib Kamu Tahu

Bagus Hernawan - Selasa, 16 Februari 2016 | 15:19
5 Gesture Rahasia di iPhone, iPad yang Wajib Kamu Tahu

Perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch sebetulnya punya banyak gesture yang sedikit tersembunyi. Banyak pengguna yang sudah tahu, namun tidak kalah banyak pengguna awam yang belum pernah mencobanya. Tim MakeMac akan bahas beberapa diantaranya yang dapat digunakan hampir di semua aplikasi dan bersifat universal. Tapi sebelumnya ijinkan saya menjelaskan tentang gesture ya!

Bagi kamu yang masih belum tahu, gesture adalah cara menyentuh layar atau memberikan input untuk menjalankan sebuah fitur. Beragam gesture yang akan saya bahas ini lebih mengarah kepada tempat penekanan dan fitur yang dapat kamu gunakan.

1. Kembali ke Halaman Sebelumnya

Sering menggunakan Safari di perangkat iOS? Daripada menekan tombol back atau forward, kamu bisa swipe ujung kiri layar ke kanan atau sebaliknya. Hal ini akan membuat kamu berpidah ke halaman yang sudah dibuka sebelumnya atau setelahnya. Gampangnya sih mirip membalik halaman di sebuah buku ya!

Selain di Safari, beragam aplikasi lain juga sudah mendukung fitur ini kok. Seperti Notes, Settings, Messages atau bahkan aplikasi pihak ketiga yang dapat kamu unduh di App Store.

2. Tekan Ikon Jam di Status Bar – Page Up

Gesture ini sebetulnya sudah lama ada di perangkat iOS tetapi ternyata masih banyak pengguna yag belum pernah menggunakan. Ketika kamu membuka sebuah aplikasi dalam bentuk tampilan list, silahkan tekan sekali saja pada ikon jam untuk menuju bagian paling atas. Fitur ini paling sering saya gunakan di Twitter, Tumblr, ap Settings atau peramban Safari.

3. Seleksi Teks, Tekan & Tahan Layar

Sering mengetik teks yang panjang dan baru sadar ada teks yang salah? Menekan layar dengan mode kursor memang akan memindahkan arahnya ke bagian tersebut – tapi tidak akurat. Nah untuk membuatnya lebih akurat silahkan tekan dan tahan di bagian tersebut untuk menampilkan magnify glass. Dengan begitu mode edit teks kamu akan lebih lancar dan cepat.

Masih dalam mode select text, kamu dapat menekan layar 2x untuk memberikan mode blok teks. Dengan begitu kamu dapat menghapus, salin atau paste kalimat lain dengan mudah dan cepat tanpa perlu magnify glass lagi.

Baca Juga:

4. Bermain dengan Tautan & Share Extension

Kamu dapat menekan dan tahan sebuah tautan untuk memunculkan action berikutnya – bisa mode Share Extension atau fitur lainnya tergantung aplikasi tersebut. Contoh aplikasi yang sudah mendukung Share Extension jika menekan dan tahan sebuah teks tautan adalah Twitter.

Pengguna bisa memilih daftar aplikasi atau fitur lain yang ada di mode ini. Saya sendiri biasa melemparkan tautan yang saya pilih tadi ke akun Instapaper. Bagaiman dengan kamu?

5. Shake to Undo – Kembali ke Teks Terhapus

Saya sering sekali mengetik teks di Notes dan memilih mode Select All untuk menyalin ke aplikasi lain. Nah sialnya, kadang tidak sengaja saya menekan salah satu keyboard (teks masih dalam mode Select All) lalu hilang sudah semua teks tadi.

Untuk menghindari musibah ini, kamu bisa menggunakan mode Shake to Undo. Sesuai namanya, kamu tinggal goyangkan perangkat iOS dan pilih Undo untuk mengembalikan teks sebelumnya. Mudah dan cepat kan!

Sebagai catatan mode ini sebelumnya harus sudah aktif ya. Cara mengaturnya mudah saja, buka Settings > General > Accessibility > Shake to Undo dan tekan tombol di halaman tersebut.

Punya Daftar Gesture Lain?

Dari 5 daftar tadi, saya masih sering menjumpai pengguna yang belum pernah menggunaan fitur nomer 2. Bagaimana dengan kamu, sudah mengetahui semua fitur ini atau ada ilmu baru yang didapatkan? Agar kamu atau pengguna perangkat iOS lain dapat makin mengenal fitur gesture ini, silahkan bagikan pengetahuan ini ya!

6 Shortcut Rahasia Safari Bagi Pengguna iPhone iOS 8


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest