Follow Us

Google, Microsoft, dan WhatsApp Dukung Apple Lawan Pemerintah AS

Andri Alfansyah - Jumat, 19 Februari 2016 | 10:32
Google, Microsoft, dan WhatsApp Dukung Apple Lawan Pemerintah AS

Jika Donald Trump sebelumnya mengkritik Apple yang menentang perintah Pengadilan Federal AS yang meminta mereka untuk membuka akses iPhone yang terkunci, sebaliknya sejumlah organisasi dan perusahaan teknologi besar dikabarkan menyatakan dukungannya terhadap perusahaan yang digawangi Tim Cook itu.

Salah satu organisasi tersebut adalah Electronic Frontier Foundation (EFF). Dari surat pernyataannya, seperti dilansir 9to5Mac, mereka mengatakan bahwa jika Apple membuat kunci untuk membuka iPhone yang terenkripsi, maka pemerintah bakal menggunakan kunci tersebut untuk yang lainnya juga.

Oleh karena itu, EFF menyatakan gembira dengan Apple yang telah berkomitmen melindungi keamanan dan hak para penggunanya, sebagaimana mereka telah melakukannya selama 20 tahun ini.

Essentially, the government is asking Apple to create a master key so that it can open a single phone. And once that master key is created, we’re certain that our government will ask for it again and again, for other phones, and turn this power against any software or device that has the audacity to offer strong security […]

EFF applauds Apple for standing up for real security and the rights of its customers. We have been fighting to protect encryption, and stop backdoors, for over 20 years. That’s why EFF plans to file an amicus brief in support of Apple’s position.

Mengutip sumber lain, 9to5Mac melaporkan beberapa organisasi lainnya seperti American Civil Liberties Union (ACLU) dan Amnesty International juga menyatakan dukungan yang serupa kepada Apple.


Baca juga:


Tidak hanya itu, Edward Snowden juga sudah menyuarakan dukungan kepada perusahaan pencipta iPhone tersebut. Dalam tweetnya, Snowden menyebut desakan pemerintah AS untuk mengintervensi data pengguna Apple bakal membuat Tiongkok melakukan hal yang sama.

Sejurus dengan yang lainnya di atas, para petinggi dari perusahaan teknologi besar seperti Google, Microsoft, dan WhatsApp juga menyatakan hal yang sama untuk mendukung Apple.

CEO Google Sundar Pichai khawatir kasus tersebut dapat menimbulkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang. Microsoft mengatakan menolak ide untuk memberikan akses pintu belakang untuk mengetahui data pengguna. Terakhir pendiri WhatsApp Jan Koum juga sangat tidak setuju dengan permintaan pemerintah AS itu.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2016/02/18/support-for-apple-against-fbi/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest