Follow Us

Perakit iPhone Foxconn Akuisisi Sharp Dengan Nilai $6,2 Milyar

Andri Alfansyah - Kamis, 25 Februari 2016 | 15:17
Perakit iPhone Foxconn Akuisisi Sharp Dengan Nilai $6,2 Milyar

Hon Hai Precision Industry atau dikenal luas dengan nama Foxconn yang merupakan supplier utama yang merakit iPhone dikabarkan telah mengakuisisi perusahaan elektronik asal Jepang, Sharp.

Sebagaimana diberitakan Nikkei Asian Review, Foxconn menggelontorkan dana sebanyak $6,2 milyar atau mencapai sekitar 83 triliun rupiah untuk mendapatkan Sharp menjadi hak miliknya.

Sharp’s board on Thursday morning decided to accept a roughly 700 billion yen ($6.2 billion) takeover offer from Taiwan’s Hon Hai Precision Industry.

Sharp had faced a choice between Hon Hai’s takeover bid and support from the Innovation Network Corp. of Japan, a state-backed fund. The fund offered Sharp a 300 billion yen injection as well as a 200 billion yen credit line.

Apple disebutkan terlibat dalam pengakuisisian perusahaan pembuat layar buat iPhone itu oleh Foxconn. Dalam hal ini, Foxconn membeli Sharp dengan menggunakan dana dari Apple yang menjadi investor utamanya. Meski begitu, tidak diketahui seberapa besar peranan Apple dalam akuisisi Sharp tersebut.


Baca juga:


Akuisisi Sharp tidak hanya menguntungkan bagi Foxconn, tapi juga bagi Apple. Bagi Foxconn, akuisisi itu memungkinkannya untuk menjadi supplier komponen layar disamping tugasnya merakit iPhone.

Bagi Apple, akuisisi Sharp tersebut bakal memberikan keuntungan kala terkendalanya produksi komponen layar di para suppliernya yang lain, yaitu Japan Display Inc., Samsung, atau LG.

Akuisisi ini juga disebutkan berhubungan dengan rencana Apple untuk mengembangkan layar lebih tipis dan lebih terang buat produk-produknya. Hal tersebut diketahui dari pembukaan lab rahasia produksinya di bagian utara Taiwan tahun lalu.

[source site_name = “Nikkei Asian Review” site_url = “http://asia.nikkei.com/Business/Deals/Sharp-accepts-Hon-Hai-s-6.2bn-buyout-offer”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest