Follow Us

Kesaksian Pengacara Apple di Hadapan Kongres AS Soal Enkripsi iPhone

Andri Alfansyah - Rabu, 02 Maret 2016 | 13:06
Kesaksian Pengacara Apple di Hadapan Kongres AS Soal Enkripsi iPhone

Seperti yang sudah dijadwalkan, Apple akhirnya mengirimkan pengacaranya, Bruce Sewell untuk menghadiri sidang dengar di hadapan kongres AS hari ini untuk bersaksi mengenai isu enkripsi iPhone.

Dalam kesaksiannya seperti dilansir The Verge, Bruce Sewell menyatakan bahwa Apple tidak bakal membahayakan keamanan para penggunanya di seluruh dunia jika mereka dipaksa untuk membuka enkripsi iPhone di AS.

I think the world is watching what happens in our government right now and what happens right now with this particular debate. Our ability to maintain a consistent position around the world, our ability to say we will not compromise the safety and security of any of our users around the world, is substantially weakened if we are forced to make that compromise here in our own country."

Selain itu, Bruce Sewell juga menyangkal spekulasi yang berkembang menyebutkan bahwa Apple telah bekerjasama dengan pihak badan pemerintah dari negara lain mengenai privasi pengguna.

Bruce Sewell menyatakan bahwa Apple belum menerima adanya permintaan dari negara-negara lain untuk mengetahui data pengguna. Sebaliknya, permintaan seperti itu baru kali ini datang dari pemerintah AS.

Lantas tatkala ditanya mengenai seberapa cepat Apple menanggapi perintah untuk membantu pemerintah, Bruce Sewell menjawab bahwa Apple telah membantu mencari pesawat Malaysia Airlane MH370 yang hilang kurang dari satu jam.

“When the Malaysia airline went down, within one hour of that plane being declared missing, we had Apple operators corroborating with telephone providers all over the world, with the airlines, and with the FBI to try to find a ping. To try to find some way to locate that plane.”


Baca juga:


Di lain pihak, direktur FBI James Comey menyatakan bahwa FBI dan bahkan (National Security Agency (NSA) sekalipun tidak memiliki tool atau software untuk menjebol iPhone 5c yang terenkripsi dengan iOS 9.

Profesor di Worcester Polytechnic Institute, Susan Landau mengatakan bahwa FBI seharusnya fokus mengembangkan tool pembuka iPhone yang terkunci daripada harus meminta Apple untuk melakukannya.

Selengkapnya mengenai perdebatan sengit antara Apple dan FBI serta para pendukung keduanya bisa kamu akses situs Judiciary Committee.

[source site_name = “The Verge” site_url = “http://www.theverge.com/2016/3/1/11142838/apple-bruce-sewell-iphone-encryption-china-privacy”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest