Follow Us

Edward Snowden Sebut Klaim FBI Soal Enkripsi iPhone “Omong Kosong”

Andri Alfansyah - Kamis, 10 Maret 2016 | 17:57
Edward Snowden Sebut Klaim FBI Soal Enkripsi iPhone “Omong Kosong”

Kasus enkripsi iPhone tak pelak lagi selama beberapa minggu ini menjadi isu yang begitu menyita perhatian khalayak banyak, termasuk dari mantan pegawai CIA dan pembocor informasi program mata-mata rahasia National Security Agency (NSA) Edward Snowden.

Dalam sebuah konferensi seperti dikutip The Intercept, Edward Snowden menyatakan bahwa klaim FBI yang menyebutkan hanya Apple yang bisa membuka kunci iPhone yang terenkripsi adalah “omong kosong”.

“The FBI says Apple has the ‘exclusive technical means’” to unlock the phone, Snowden said during a discussion at Common Cause’s Blueprint for Democracy conference.

“Respectfully, that’s bullsh*t,” he said, over a video link from Moscow.

Simak video selengkapnya:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca juga:


Kata-kata Edward Snowden jelas mengindikasikan bahwa FBI mengetahui cara untuk menggali informasi dari iPhone yang terkunci. Merek disebut bisa menjebol iPhone tersebut melalui salinan backup yang ada dalam chip memori NAND Flash.

FBI seperti diketahui telah membuat kekisruhan dengan memaksa Apple menciptakan tool backdoor yang bisa menjebol informasi dari iPhone yang terkunci milik pelaku penembakan di San Bernardino.

Apple sendiri telah menolak permintaan FBI tersebut karena tool backdoor dikhawatirkan menimbulkan preseden berbahaya untuk para pengguna di masa mendatang.

Perlawanan Apple terhadap FBI ternyata mendapatkan banyak dukungan. Tak kurang dari puluhan perusahaan dan sejumlah organisasi berkoalisi bakal membela Apple jika pemerintah bersikeras memaksa membuka enkripsi di iPhone.

[source site_name = “The Intercept” site_url = “https://theintercept.com/2016/03/08/snowden-fbi-claim-that-only-apple-can-unlock-phone-is-bullshit/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest