Follow Us

Apple Siap Perkaya Konten Apple Music Dengan Musik Remix dan DJ

Andri Alfansyah - Rabu, 16 Maret 2016 | 12:37
Apple Siap Perkaya Konten Apple Music Dengan Musik Remix dan DJ

Buat para penggemar musik remix dan remix DJ, kamu tampaknya bakal sangat gembira mendengar kabar menarik yang satu ini. Apple dikabarkan bakal menghadirkan konten musik bagi pencinta musik dunia gemerlap tersebut di Apple Music.

Pasalnya sebagaimana dilaporkan Billboard, Apple dan Dubset Media Holdings telah menyepakati sebuah bentuk kerjasama untuk meluncurkan konten musik remix dan DJ untuk bisa dinikmati para pengguna layanan musik streamingnya.

Dubset Media Holdings dikenal sebagai distributor konten digital untuk musik remix dan DJ buat layanan musik streaming. Dengan kerjasama ini, Apple menjadi perusahaan pertama yang mendapatkan lisensi hak cipta untuk mengalirkan jenis musik tersebut di layanan Apple Music.

Tidak seperti musik yang biasa, lisensi musik remix dan musik DJ sangat kompleks karena berdasarkan pada rekaman musik asli. Belum lagi jumlah pemilik hak ciptanya yang sangat banyak untuk satu musik remix.

A single mix could have upward of 600 different rights holders. According to CEO Stephen White, a typical mix has 25 to 30 songs that require payments to 25 to 30 record labels and anywhere from two to ten publishers for each track. The licensing has been done in-house at Dubset. Thus far the company has agreements with over 14,000 labels and publishers.


Baca juga:


Dalam mendistribusikan musik remix dan musik DJ, Dubset Media Holdings dilaporkan menggunakan teknologi miliknya yang disebut MixBank. Teknologi ini bakal menganalisis file musik remix dalam 15 menit untuk satu file musik berdurasi satu jam.

Setelah proses analisis selesai, MixBank bakal mengidentifikasi rekaman dalam file musik. Kemudian, Dubset Media Holdings bakal membayar hak ciptanya kepada label musik dan penerbit musik.

Kehadiran musik remix dan DJ di Apple Music utamanya adalah untuk meningkatkan jumlah pengguna layanan musik streaming Apple Music disamping memperkaya kontennya. Saat ini Apple Music mencapai lebih dari 11 juta pengguna, sedangkan Spotify memiliki hampir 30 juta pengguna.

Diharapkan dengan kerjasamanya dengan Dubset Media Holdings yang didukung 14.000 publisher musik bakal memuluskan strategi Apple tersebut untuk mengejar ketertinggalan dari pesaingnya.

[source site_name = “Billboard” site_url = “http://www.billboard.com/biz/articles/7256377/apple-music-dubset-partner-to-stream-previously-unlicensed-remixes-and-dj-mixes”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest