Follow Us

Peretas Foto Syur Selebritis Dari iCloud Akui Bersalah Lakukan Phising

Andri Alfansyah - Rabu, 16 Maret 2016 | 16:45
Peretas Foto Syur Selebritis Dari iCloud Akui Bersalah Lakukan Phising

Masih ingat dengan kasus bocornya foto-foto pribadi sejumlah selebritis terkenal dari akun iCloud pada 2014 lalu? Nah si pelaku peretasan yang bernama Ryan Collins berasal dari Pennsylvania telah dituntut bersalah.

Dari informasi di situs Departemen Kehakiman AS (via 9to5Mac), Ryan Collins telah menandatangani persetujuan untuk mendapatkan pembelaan dan juga mengakui bersalah telah melakukan peretasan dan penipuan di dunia maya.

Ryan Collins, 36, of Lancaster, Pennsylvania, has signed a plea agreement and agreed to plead guilty to a felony violation of the Computer Fraud and Abuse Act. In the plea agreement also filed today, Collins agreed to plead guilty to one count of unauthorized access to a protected computer to obtain information.

Dalam dokumen pengakuannya, Collins diketahui terlibat dalam aksi skema phising dari November 2012-September 2014 untuk meretas username dan password milik para korbannya.


Baca juga:


Collins melakukan phising tersebut dengan mengirimkan email jebakan atas nama Apple dan Google. Begitu data para korban didapatkannya, dia bisa leluasa mengakses seluruh konten pribadi para selebritis di iCloud, seperti foto dan video bugil, serta nomor ponselnya.

Tidak hanya itu, kasus peretasan akun iCloud milik selebritis ini disebutkan bakal mendapatkan hukuman berlapis jika Collins juga terbukti terlibat dalam penyebaran foto-foto menggoda para selebritis itu di internet.

Kasus peretasan iCloud sendiri terjadi pada 2014 lalu. Kala itu, foto-foto sejumlah selebritis terkenal tanpa busana bocor di dunia maya. Layanan iCloud disebut-sebut menjadi biang keladinya. Apple dengan sigap melakukan pengusutan untuk mengetahui penyebab utamanya.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2016/03/15/celebrity-icloud-nude-photos-leak-hacker-charged/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest