Follow Us

Apple Segera Jalin Kerjasama dengan Google Cloud Platform untuk iCloud

Bagus Hernawan - Kamis, 17 Maret 2016 | 10:23
Apple Segera Jalin Kerjasama dengan Google Cloud Platform untuk iCloud

Layanan iCloud yang kabarnya selama ini menggunakan dukungan dari AWS dan Microsoft Azure, kabarnya akan segera dipangkas dan berpindah ke Google Cloud Platform. Hal ini diketahui oleh laman CRN dari sumber terpercaya yang menyebutkan bahwa semenjak akhir tahun lalu peran AWS (Amazon Web Service) mulai dikurangi oleh Apple.

Since inking the Google deal late last year, Apple has also significantly reduced its reliance on Amazon Web Services, whose infrastructure it uses to run parts of iCloud and other services,

Masih dari sumber yang sama, kabarnya Apple sudah merogoh dana sekitar $400 hingga $ 600 juta untuk Google Cloud Platform. Masih belum jelas juga apakah pengeluaran ini sudah bersifat tetap untuk setahun atau baru sebagian saja dari jumlah kerjasama.

Sedangkan pihak AWS sendiri meragukan keterangan tersebut, terutama angka yang mengacu dalam keterangan dari pihak rahasian tersebut. Bagaimana dengan Apple dan Google? Jelas saja kedua pihak ini enggan berpendapat.


Baca Juga:

Apple sebetulnya sudah memiliki Data Center di Arizona dan beberapa tempat lain yang terus dikembangkan. Yaitu Nevada dan Irlandia yang kabarnya membutuhkan dana hingga $ 3.9 Miliar untuk proses pembangunan. Kerjasama dengan pihak lain ini tentunya harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang terus naik dan tetap menjaga harga layanan yang terjangkau.

Menurut Amir Efrati (via 9To5Mac) jika memang benar Google Cloud Platform akan menggantikan peran AWS di sektor kerjasama ini, butuh waktu hampir setahun untuk proses tersebut. Hal ini tentunya menjadi ladang uang baru untuk Google dan kesedihan mendalam oleh AWS yang ditinggalkan oleh klien besarnya.

[source site_name = “CRN” site_url = “http://www.crn.com/news/cloud/300080062/cloud-makes-for-strange-bedfellows-apple-signs-on-with-google-cuts-spending-with-aws.htm”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest