Follow Us

Tutorial Update iOS 9.3 untuk iPhone, iPad dan iPod Touch

Bagus Hernawan - Selasa, 22 Maret 2016 | 13:39
Tutorial Update iOS 9.3 untuk iPhone, iPad dan iPod Touch

Sistem operasi iOS 9.3 resmi dirilis untuk publik mulai hari ini. Beragam fitur barunya adalah mode Night Shift, Secure Notes dan akses 3D Touch yang lebih lengkap di iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Sudah gak sabar untuk mencobanya? Yuk buruan update! Ada beberapa cara update ke iOS 9.3 yang dapat kamu tempuh, sesuaikan dengan kebutuhan kamu saja ya.

1. OTA Updates, Langsung dari Perangkat iOS

Metode ini paling banyak digunakan oleh pengguna perangkat iOS karena praktis dan cepat. Ya, cepat karena kamu hanya perlu mengunduh update iOS 9.3 saja dari versi iOS yang sekarang sedang kamu gunakan – tidak perlu unduh firmware (IPSW) secara lengkap dengan ukuran 1GB atau lebih.

Untuk melakukan OTA (Over The Air) Updates, pengguna tinggal masuk ke bagian Settings > General > Software Updates. Pastikan kamu menggunakan koneksi internet yang stabil dan lancar ya. Setelah tampilan di halaman ini menunjukkan iOS 9.3 yang dapat kamu unduh, tekan tombol Download dan Instal.

Tunggu proses mengunduh selesai dan jika sudah berikan ijin untuk masuk ke langkah instalasi. Besaran update iOS 9.3 sekitar 200 – 500 MB jika kamu sudah menggunakan iOS 9.x sebelumnya.

Sebagai catatan, pengguna perangkat iOS yang menggunakan Jailbreak dilarang menempuh OTA Updates.


Baca Juga:

2. Update Lewat iTunes di Komputer

Lebih nyaman untuk mengunduh update iOS 9.3 lewat iTunes di komputer karena menggunakan internet dari komputer yang lebih stabil atau alasan lainnya? Tidak masalah, kamu bisa menggunakan langkah nomer 2 ini. Kelebihan dari metode ini adalah pengguna bisa sekalian melakukan backup data terlebih dahulu ke iTunes sebelum melakukan update.

Langkahnya adalah sebagai berikut:1. Cek apakah iTunes kamu sudah menggunakan versi terbaru, jika belum saran saya update dahulu. Pastikan komputer terhubung ke internet ya.2. Hubungkan perangkat iOS ke komputer tersebut via kabel data.3. Pilih perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch kamu dari ikon di deretan kiri atas. Setelah itu masuk ke tab Summary.4. Alihkan pandangan ke sisi kanan layar dan tekan tombol Updates. Jendela pemberitahuan akan tampil untuk kamu mengunduh iOS 9.3 dan langsung masuk ke mode instalasi. Bisa juga muncul opsi saran untuk melakukan backup data kamu terlebih dahulu.

Tips Update ke iOS 9.3

Mengikuti update iOS memang wajib hukumnya untuk Apple Fanboy, kamu bisa mengetahui fitur baru secara lebih dahulu dibanding teman lain di kantor atau keluarga. Namun saran saya, tetap pastikan kamu sudah melakukan backup data sebelum melakukan update ke iOS 9.3 ya. Karena bukan tidak mungkin juga, ketika proses update ada sesuatu yang salah dan membuat perangkat kamu masuk Recovery Mode lalu harus mengalami proses Restore.

Jika memang belum sempat atau belum ada waktu, tidak ada salahnya sedikit menunda untuk mencicipi iOS 9.3. Menunggu hingga akhir pekan smungkin atau di sela kegiatan istirahat pada malam hari? Bukan menjadi masalah besar rasanya, setuju?

Bagikan Review Kamu Tentang iOS 9.3 Ya!

Tim MakeMac sudah mencoba update iOS 9.3 di perangkat iPhone 5s dan menikmati mode Night Shift. Nah untuk kamu yang menggunakan perangkat lain, mari bagikan review singkat kamu kepada pembaca lain lewat kolom komentar artikel ini ya! Sebutkan perangkat iOS yang kamu gunakan dan review singkat mengenai performa, fitur baru yang paling kamu suka atau beragam hal lainnya.


iPad Pro 9.7 inci Hadir dengan Kamera 12MP, Fitur Layar Terbaru, Rose Gold & 256 GB


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest