Follow Us

Cara Menggunakan Secure Notes di iOS 9.3 dan OS X El Capitan

Bagus Hernawan - Rabu, 23 Maret 2016 | 16:00
Cara Menggunakan Secure Notes di iOS 9.3 dan OS X El Capitan

Sering menggunakan app Notes yang ada di iOS 9 dan OS X El Capitan? Nah di iOS 9.3 dan OS X El Capitan 10.11.4, pengguna dapat menikmati 2 mode baru. Yaitu Secure Notes alias memberikan password untuk catatan pilihan serta mode sortir tampilan yang dapat dikustomisasi. Yuk kita bahas tentang Secure Notes!

Mengenal Secure Notes

Oke kita samakan persepsi dulu ya, Secure Notes adalah fitur baru di Notes untuk iOS 9.3 dan OS X El Capitan 10.11.4 yaitu mengamankan catatan yang kamu pilih. Ya, hanya catatan yang kamu pilih dan kamu aktifkan mode Lock Note saja. Jangan bayangkan fitur ini seperti aplikasi 1Password yang membuat sebuah master password untuk membuka app Notes – maklum masih banyak yang berpikir seperti ini.

Persiapan Sebelum Menggunakan Secure Notes

1. Atur Password

Di perangkat iOS 9.3, silahkan masuk ke Settings > Notes > Password lalu tentukan password yang ingin kamu gunakan di Secure Notes. Saran saya gunakan kata atau rangkaian angka yang sederhana saja untuk percobaan awal. Untuk pengguna iPhone dan iPad yang sudah mendukung TouchID, jangan lupa aktifkan tombol untuk akses Secure Notes dengan keamanan sidik jari ini ya.

2. Aktifkan iCloud

Pengaturan ini wajib dilakukan untuk pengguna perangkat iOS yang juga memiliki device lain atau komputer Mac dengan OS X El Capitan. Tentunya agar dapat berbagi catatan di Notes secara mudah dengan dukungan iCloud. Caranya sangat mudah, masuk ke Settings > iCloud dan aktifkan Notes.

Langsung Cobain!

Untuk perangkat iOS, silahkan buka Notes dan coba buat sebuah catatan. Setelah itu tekan ikon Share Extension di kanan atas layar dan pilih Lock Note. Masukkan password yang sudah kamu atur di awal atau gunakan Touch ID. Nah sekarang fitur kuncian sudah diberikan untuk catatan tersebut – tetapi tidak langsung dikunci. Pengguna harus menekan ikon gembok terbuka di kanan atas layar untuk mengaktifkan mode kuncian ini.

Kok Tidak Muncul di Notes?

Beberapa pengguna mengeluhkan bahwa tombol Share Extension untuk akses ke Lock Note tidak ditemukan. Nah masalah ini biasa terjadi jika kamu membuat catatan di Notes dalam akun email. Coba tekan panah mundur di sisi kiri layar dan perhatikan, apakah catatan tadi ada di dalam akun iCloud? Jika tidak, silahkan pindah ke akun iCloud dan mode Share Extension untuk akses ke Lock Note pasti tersedia.


Baca Juga:


Mode Sortir Baru

Selain Secure Notes, kini kamu juga dapat mengatur urutan catatan dalam 3 jenis. Yaitu berdasarkan data terakhir diubah, data dibut dan urut berdasarkan abjda. Untuk pengaturan ini dapat diakses pada app Settings > Notes di iOS 9.3. Sedangkan untuk pengguna OS X El Capitan dapa mengakses mode ini dari menu baru View > Sort Notes By.

Buruan Update dan Nikmati Fitur Baru di Notes Ya!

Bagaimana, sudah gak sabar untuk mencoba Secure Notes? Segera unduh update iOS dan OS X terbaru dan selamat menikmati Notes dengan lebih rapi dan catatan yang dapat diamankan ya!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest