Follow Us

Cara Menghapus Cache Data Perangkat iOS Lewat Fitur di iTunes Store

Bagus Hernawan - Senin, 04 April 2016 | 10:21
Cara Menghapus Cache Data Perangkat iOS Lewat Fitur di iTunes Store

Sebagai pengguna iPhone 5s 32GB, saya masih sering mendapatkan peringatan kapasitas penyimpanan hampir penuh. Bukan dengan data dari aplikasi semacam Photos atau iMovie, melainkan cache data dari beragam app sosial media – Path, Facebook, dan lainnya.

Kesulitan jika harus menghapus setiap aplikasi tadi dan instal kembali untuk membuang cache? Nah tim MakeMac menemukan sebuah artikel seputar bug system di iTunes Store untuk menghapus cache ini. Yaitu dengan cara menyewa sebuah film di iTunes Store yang ukurannya lebih besar dari kapasitas penyimpanan kamu. Yuk langsung kita bahas!

Hapus Cache Lewat Celah di iTunes Store

Secara gampangnya, bug system ini bekerja jika kamu ingin menyewa sebuah film yang ukurannya lebih besar dari kapasitas penyimpanan kosong yang ada di iPhone atau iPad kamu. Sistem iOS akan menghapus cache data yang ada di beberapa aplikasi dan mencoba untuk memberikan ruang tambahan agar film tadi dapat kamu nikmati. Langkahnya sebagai brikut:

  1. Catat dahulu kapasitas penyimpanan kosong di perangkat iOS kamu. Lewat app Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage.
  2. Buka Tunes Store, cari film yang berukuran cukup besar. Saya mencoba dari The Lord of the Rings: The Return of the King. Ingat, intinya harus film yang berukuran lebih besar dari kapasitas penyimpanan kosong kamu ya.
  3. Tekan tombol Rent Movies yang ada di sisi kanan. Proses loading akan berlangsung dan cukup memakan waktu, tunggu saja ya.
  4. Setelah itu jendela tampilan Cannot Download akan tampil, tekan OK dan hapus iTunes Store dari multitasking.
  5. Masuk ke app Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage. Coba intip apakah kapasitas yang tersedia bertambah?
Saya mengulangi langkah ini sekitar 3 kali dengan beberapa film berbeda. Total ada 2GB kapasitas tambahan yang saya dapatkan. Darimana hal itu berasal? Coba cek gambar di bawah ini, app Twitter yang tadinya masuk daftar atas dari aplikasi yang memakan tempat banyak, sekarang terjun agak jauh ke bawah.


Baca Juga:


Selamat Mencoba!

Tips dari tim MakeMac, jika setelah menekan tombol Rent Movie ada jendela tampilan untuk memasukkan password Apple ID, silahkan cancel saja. Itu tandanya kapasitas penyimpanan kamu mencukupi untuk film tersebut.

Silahkan coba tips di atas dan jangan lupa bagikan ke teman atau keluarga kamu ya sebagai cara mudah menghapus cache di iPhone atau iPad tanpa tanpa aplikasi tambahan.


(Update) Cara Menghapus Cache Data di iOS 10 Tanpa Aplikasi Tambahan


Sembunyikan Aplikasi yang Sudah Kamu Beli di App Store

[source site_name = “The Independent” site_url = “http://www.independent.co.uk/life-style/gadgets-and-tech/news/iphone-storage-space-increase-low-rent-film-trick-how-to-a6963856.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest