Follow Us

Rayakan Ultah ke-40, Apple Kibarkan Bendera “Bajak Laut”, Apa Maknanya?

Andri Alfansyah - Senin, 04 April 2016 | 15:53
Rayakan Ultah ke-40, Apple Kibarkan Bendera “Bajak Laut”, Apa Maknanya?

Tidak terasa, Apple yang didirikan almarhum Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne pada tanggal 1 April 1976 silam sudah menginjak umurnya yang ke–40 tahun.

Dalam memperingati hari jadinya tersebut, Apple mengibarkan bendera yang berbeda dari yang biasanya. Kali ini mereka memasang bendera “bajak laut” (pirate flag) yang ikonis di depan markas besarnya yang ada di Cupertino.

Buat kamu yang belum tahu, Apple mengibarkan pirate flag tersebut bukan untuk mendukung pembajakan, melainkan sebagai penghormatan kepada tim pembuat komputer Mac generasi pertama yang dipimpin langsung oleh mendiang Steve Jobs.

Adapun alasan tim Mac generasi pertama membuat pirate flag adalah sebagai bentuk pemberontakan untuk membedakan karya-karya mengagumkan mereka dibandingkan dengan yang lainnya.

Seperti bisa kamu lihat dalam gambar, pirate flag mirip layaknya bendera bajak laut yang disebut Jolly Roger. Namun Apple membedakannya dengan menambahkan logo Apple berwarna pelangi di salah satu bagian mata di tengkorak.

Bendera pembajak yang dikibarkan kali pertama oleh tim Mac generasi pertama pada 1983 silam itu dijahit oleh programmer Steve Capps. Sementara yang mendesain gambarnya adalah Susan Kare.

Apple sebenarnya sempat memperingati hari jadinya yang ke–40 dalam event 21 Maret lalu. Saat itu mereka menghadirkan sebuah video yang merangkum perjalanan Apple selama 40 tahun dalam 40 detik.

Ini videonya:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca juga:


Bukan kali ini saja Apple mengibarkan bendera yang berbeda di peringatan hari jadinya. Mereka juga pernah mengibarkan bendera Pride flag yang berwarna-warni buat mendukung persamaan hak.

[source site_name = “Tommy W. Farley” site_url = “https://twitter.com/twfarley/status/715704241134895109/photo/1”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest