Follow Us

Ini Biaya yang Dikeluarkan Apple buat Bikin iPhone SE 16GB dan 64GB

Andri Alfansyah - Rabu, 06 April 2016 | 16:07
Ini Biaya yang Dikeluarkan Apple buat Bikin iPhone SE 16GB dan 64GB

iPhone SE bisa dibilang menjadi iPhone baru berbanderol harga paling murah yang pernah diperkenalkan Apple dalam sejarah. Mereka melepasnya ke pasaran dengan harga mulai $399 buat varian dengan kapasitas storage 16GB.

Lantas berapa biaya komponen pembentuk iPhone SE 16GB? Berdasarkan pembongkaran terbaru terhadap iPhone 4 inci tersebut, IHS menyebutkan biaya komponennya adalah sekira $160.

Lebih rinci, IHS menyebutkan bahwa biaya komponen pembentuk iPhone SE 16GB sebenarnya adalah sebesar $156.20 dan meningkat menjadi $160 karena adanya tambahan buat biaya produksinya.

Biaya komponen iPhone SE bahkan lebih murah jika dibandingkan dengan biaya komponen iPhone 5s dan iPhone 6s Plus. Biaya komponen kedua iPhone itu diperkirakan masing-masing sebesar $199 dan $236.

Penggunaan sejumlah komponen yang sama seperti yang ada di iPhone 5s dan iPhone 6s menjadi alasan utama mengapa Apple sampai berani melegonya dengan banderol harga lebih murah. Hal ini bisa dipahami mengingat harga komponen lama yang digunakan iPhone SE sudah turun secara signifikan.


Baca juga:


Sedangkan Apple diperkirakan mengeluarkan biaya tambahan sebesar $89 buat komponen varian iPhone SE 64GB yang kemungkinan banyak dipilih konsumen untuk dibeli.

“Apple is willing to drop its gross margin on the low end to induce sales – though it is likely counting on many consumers upgrading to the more profitable 64 gigabyte SE model,” said Wayne Lam, principal analyst, mobile devices and networks, IHS Technology. “When the profit machine that is Apple capitulates to the market forces of a maturing industry, it shows its tacit acknowledgement that even it is not immune to the dynamics of the global smartphone slowdown.”

Dalam penelusurannya, IHS menyebutkan bahwa lapisan layar Gorilla Glass adalah salah satu komponen paling mahal di iPhone SE yaitu sebesar $20. Meski begitu, harga komponen ini berharga setengahnya dari iPhone 5s ketika kali pertama meluncur di 2013.

[source site_name = “IHS” site_url = “http://press.ihs.com/press-release/technology/iphone-se-three-iphone-generations-rolled-one-ihs-teardown-reveals”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest