Follow Us

Bersiaplah! iPhone SE dan iPad Pro 9.7 inci Masuk Proses Pengujian di Indonesia

Bagus Hernawan - Kamis, 07 April 2016 | 19:26
Bersiaplah! iPhone SE dan iPad Pro 9.7 inci Masuk Proses Pengujian di Indonesia

Perangkat iPhone SE dan iPad Pro 9.7 inci yang dirilis Apple akhir Maret 2016 lalu kabarnya sudah mulai dites oleh Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika. Dari hasil pengecekan tim MakeMac di web Sertifikasi Postel, ada 2 perangkat yang menggunakan kode Apple A7123 (iPhone SE dan Apple A1674 (iPad Pro 9.7 inci).

Dapat kamu lihat pada gambar di atas, 2 perangkat iOS ini masuk ke tahap “Proses Dibuat SP3” (Surat Pengantar Pengujian Perangkat). Meskipun begitu, masih cukup panjang proses yang harus dilalui hingga nantinya dapat diambil keputusan – apakah dianggap layak untuk dijual di Indonesia atau tidak.

Baca Juga:

Sedikit mundur ke belakang, perangkat iPhone 6s dan iPhone 6s Plus serta iPad Pro 12 inci hingga hari ini belum resmi masuk Indonesia. Kabarnya hal ini terkait peraturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang mewajibkan perangkat komunikasi atau gadget dengan kartu selular yang mendukung LTE, harus memiliki muatan lokal 30%.

Prediksi saya jika memang iPhone SE dan iPad Pro 9.7 inci lolos dari pengetesan POSTEL, waktu rilisnya masih cukup lama. Bisa beberapa bulan lagi atau paling terlambat adalah akhir tahun.

Semoga saja sih segera, mengingat peminat iPhone SE di Indonesia kabarnya cukup besar – jika dipantau dari jumlah pembaca MakeMac yang setiap hari menanyakan kapan mulai tersedia di Indonesia.

[Update 2 Mei 2016] iPhone SE dan iPad Pro 9.7 Proses “Balai Uji”

Hari ini tim MakeMac kembali mengecek halaman POSTEL untuk kelanjutan status iPhone SE dan iPad Pro 9.7 inci yang belum juga masuk di Indonesia. Jika sebelumnya status yang diberikan adalah “Proses Dibuat SP3”, kini status yang dipasang adalah “SP3, Balai Uji”.

Kami tidak tahu apakah iPhone SE dan iPad Pro 9.7 inci ini nantinya akan lolos di pengujian TKDN dan dapat dijual bebas di Indonesia. Atau malah gagal – rumornya seperti iPhone 6s dan iPhone 6s Plus yang tak kunjung juga dijual secara resmi di Apple Authorized Reseller.

[Update 12 Juli 2016] iPhone SE Proses ‘Evaluasi Ketua Tim’

Setelah 2 bulan menggunakan status Balai Uji, kini iPhone SE dengan kode APPLE – A1723 menyandang status ‘Evaluasi Ketua Tim’. Sesuai dengan prediksi, kemungkinan besar perangkat iPhone ini tidak lolos uji TKDN. Hal yang sama juga terjadi pada iPad Pro 9.7 inci Cellular dengan kode APPLE – A1674.

Sedangkan untuk iPad Pro 9.7 inci WiFi Only, sudah mendapatkan status Sertifikat Dicetak alias lolos uji sertifikasi. Ya, ini karena tidak menggunakan perangkat jaringan yang mendukung 4G sehingga bisa melewati peraturan TKDN.

Unboxing dan Pengalaman Perdana Mencoba iPhone SE

[source site_name = “POSTEL” site_url = “https://sertifikasi.postel.go.id/index.php?0601=&key=0&cari=apple”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest