Follow Us

Perusahaan Penjebol iPhone 5c Milik Teroris Diklaim Bisa Jebol iPhone 6

Andri Alfansyah - Selasa, 12 April 2016 | 09:50
Perusahaan Penjebol iPhone 5c Milik Teroris Diklaim Bisa Jebol iPhone 6

FBI sebelumnya mengkonfirmasi bahwa metode yang digunakannya buat meretas iPhone 5c milik pelaku penembakan di San Bernardino tidak bisa digunakan buat menjebol iPhone generasi baru.

Namun Cellebrite, perusahaan forensik perangkat mobile asal Israel yang disinyalir kuat disewa FBI buat menjebol iPhone milik teroris, diklaim bisa menjebol iPhone 6 dengan metode yang sama sebelumnya.

Klaim tersebut diungkapkan seorang arsitek Italia Leonardo Fabbretti. Dia mengatakan kepada CNNMoney bahwa Cellebrite optimis bisa membuka iPhone 6 yang terkunci dengan passcode.

Leonardo Fabbretti sendiri baru-baru ini berkunjung ke Cellebrite untuk membantu mengakses konten-konten dari iPhone 6 miliknya putranya, Dama Fabbretti, yang sudah meninggal dunia di usia 13 tahun.

“I just came back from their office in northern Italy. The meeting went well. They were able to download the directories with the iPhone’s content, but there is still work to be done in order to access the files,” Fabbretti said.

Those files contain the months of photos and conversations the dad so desperately wants to see, including a handful of videos taken three days before his son died.

Sebelum meninggal, Dama Fabbretti disebutkan sudah menambahkan sidik jari sang ayah supaya dia bisa mengaksesnya. Namun setelah direstart, iPhone tersebut malah meminta passcode yang tidak diketahui Leonardo Fabbretti.

Baca juga:

Sumber yang sama pun mencoba mendapatkan konfirmasi dari Apple dan Cellebrite mengenai kabar ini. Namun keduanya dilaporkan menolak memberikan keterangan apapun.

Meski begitu, Apple mengatakan kepada Leonardo Fabbretti bahwa iPhone 6 tersebut tidak mungkin bisa diakses tanpa passcode yang hanya diketahui putranya.

Tapi jika benar Cellebrite bisa mengakses data dalam iPhone yang terenkripsi atau dilindungi dengan passcode, maka Apple tentunya harus segera menghadirkan keamanan yang lebih kuat dan tak mudah diretas di perangkat iOS.

[source site_name = “CNNMoney” site_url = “http://money.cnn.com/2016/04/08/technology/leonardo-fabbretti-iphone/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest