Follow Us

Layar iPad Pro 9,7 Inci Raih Pujian dari DisplayMate

Andri Alfansyah - Rabu, 13 April 2016 | 08:41
Layar iPad Pro 9,7 Inci Raih Pujian dari DisplayMate

Teknologi layar baru punya iPad Pro 9,7 inci diklaim memiliki kualitas dan performa paling atas dibandingkan dengan layar yang dipunyai iPad Pro 12,9 inci, dan juga iPad Air 2.

Dalam pengujian mendalam yang dilakukan DisplayMate, layar iPad Pro 9,7 inci berhasil memperoleh nilai paling tinggi di setiap kategori pengujian, seperti warna yang akurat, anti-silau terendah, kontras rasio tertinggi, viewing angle lebih baik, dan lainnya.

The display on the new iPad Pro 9.7 outperforms the iPad Pro 12.9 in every single display performance category except (obviously) size, and then just its Black Luminance, which results in a higher Contrast Ratio in the dark. The iPad Pro 12.9 is still a very good display, it’s just that the iPad Pro 9.7 is so much better than anything else.

Keunggulan layar iPad Pro 9,7 inci dibanding layar yang dimiliki perangkat lain tidak lepas dari teknologi baru yang dimilikinya. iPad ini dilengkapi dengan dua warna gamut, yaitu DCI-P3 Wide Color Gamut dan sRGB/Rec.709 gamut yang mampu menghasilkan warna yang akurat.

Tidak hanya akurat, layar iPad Pro 9,7 inci juga lebih terang dibandingkan jajaran iPad yang ada di pasaran saat ini. Di pengujian, layar iPad Pro dilengkapi dengan 511 nit. Sedangkan iPad Air 2 yang hanya dilengkapi 415 nit saja.

iPad Pro 9,7 inci adalah tablet pertama Apple yang memiliki fitur anti-reflektif paling rendah rendah, yaitu 1,7 persen dibanding iPad Air 2 yang sebesar 2,5 persen. Artinya layar iPad Pro ini bakal tampil lebih baik di bawah sinar matahari.

Selain itu, kontras rasio yang dimiliki iPad Pro 9,7 ini sangat baik dengan meraih nilai 1.022, tidak berbeda jauh dibanding iPad Air 2 yang meraih nilai kontras rasio sebesar 1.066. Meski begitu, kontras rasio iPad Pro 12,9 inci masih yang paling tinggi dengan nilai mencapai 1.631.


Baca juga:


Di kategori selanjutnya, iPad Pro 9,7 inci memiliki viewing angle lebih baik dari iPad Air 2. Tablet ini menghasilkan nilai sangat bagus. DisplayMate mencatat nilai antara 47–55 persen penurunan kecerahan layar ketika dimiringkan sebesar 30 derajat namun tanpa terlihat perubahan warna.

iPad Pro 9,7 inci ternyata juga dilengkapi dengan refresh rate yang rendah ketika gambar dalam keadaan tidak bergerak. Hal ini membuat membuat penggunaan dayanya lebih efisien. Efisiensi daya iPad Pro 9,7 inci sama seperti yang dimiliki iPad Air 2.

Melihat keunggulan layar iPad Pro 9,7 inci dibandingkan layar perangkat iOS lainnya, Apple dispekulasikan bakal juga menggunakan teknologi layar yang sama buat iPhone 7.

[source site_name = “DisplayMate” site_url = “http://www.displaymate.com/iPad_Pro9_ShootOut_1.htm”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest