Follow Us

Bug Tanggal 1 Januari 1970 Muncul Lagi Tapi Dengan Metode Baru

Andri Alfansyah - Kamis, 14 April 2016 | 10:56
Bug Tanggal 1 Januari 1970 Muncul Lagi Tapi Dengan Metode Baru

Bug tanggal 1 Januari 1970 yang sempat menggegerkan banyak pengguna karena dapat mematikan perangkat iOS secara permanen ternyata muncul kembali. Tapi kali ini hadir dengan metode berbeda.

Seperti dilaporkan KrebsonSecurity, peneliti keamanan Patrick Kelley dan Matt Harrigan menemukan celah keamanan baru yang memungkinkan bug tanggal 1 Januari 1970 bisa mematikan perangkat iOS secara remote via Wi-Fi. Hal itu dimungkinkan karena perangkat iOS dirancang untuk selalu tersambung ke Wi-Fi yang sudah diketahui secara otomatis.

Dengan cara ini, peneliti keamanan tersebut bisa dengan mudah memalsukan nama Wi-Fi dan mengganti tanggal perangkat iOS ke tanggal 1 Januari 1970 tanpa diketahui pengguna. Sehingga, perangkat iOS tidak bakal berfungsi karena sistem tanggal tidak sesuai dengan sertifikat keamanan yang dibutuhkan sebagian besar aplikasi.

The result? The iPads that were brought within range of the test (evil) network rebooted, and began to slowly self-destruct. It’s not clear why they do this, but here’s one possible explanation: Most applications on an iPad are configured to use security certificates that encrypt data transmitted to and from the user’s device. Those encryption certificates stop working correctly if the system time and date on the user’s mobile is set to a year that predates the certificate’s issuance.


Baca juga:


Untungnya, Patrick Kelley dan Matt Harrigan sudah melaporkan penemuan mereka ini kepada Apple sebelum mereka mempublikasikan penemuannya ini. Hasilnya, Apple sudah menyembuhkan bug ini di iOS 9.3.1.

Sedangkan bagi pengguna yang masih menggunakan iOS 9.3, Apple diketahui belum memberikan perbaikannya. Oleh karena disarankan buat kamu pengguna iPhone, iPad, dan iPod touch yang masih menggunakan iOS 9.3 untuk mengupdatenya ke iOS paling baru.

[source site_name = “Krebson Security” site_url = “http://krebsonsecurity.com/2016/04/new-threat-can-auto-brick-apple-devices/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest