Apakah kamu pengguna komputer Mac untuk kegiatan belajar dan mengajar di kampus atau bekerja di kantor? Tim MakeMac punya beragam tips untuk membuat kegiatan kamu lebih produktif dan tetap nyaman di kedua jenis lingkungan tersebut. Sudah gak sabar? Yuk buruan simak!
1. Siap “Perang” Kemana Saja
Bepergian keluar rumah sambil membawa komputer Mac tentunya harus membawa beragam “peralatan perang” yang dibutuhkan. Maksud saya adalah aksesoris` pelengkap seperti MagSafe (charger untuk komputer Mac), mouse atau kabel adapter untuk proyektor (Mini Display to VGA misal untuk pengguna MacBook Pro).Tentunya bawaan tadi harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan rencana hari itu ya. Tinggalkan MagSafe jika memang kamu tidak berencana menggunakan komputer Mac seharian di luar rumah. Atau tidak perlu membawa kabel adapter untuk proyektor dan LCD tambahan jika tidak ada rencana presentasi di kantor.
Namum sebetulnya tidak ada salahnya jika kamu membawa 2 perlengkapan tadi. Lebih kepada berjaga-jaga, siapa tahu ada rekan kerja atau teman di kampus yang membutuhkan MagSafe dan tidak membawanya.
2. Mac untuk Kerja? Pisahkan Login Akun ya!
Bagi kamu yang menggunakan komputer Mac pribadi untuk dibawa ke tempat kerja, saya sarankan untuk membuat login akun terpisah. Dengan login akun terpisah, kamu dapat membedakan saat bekerja atau santai di akhir pekan dengan mudah. Selain itu kamu juga bisa tetap menjaga privasi data dari kegiatan di kantor seperti berbagi pakai komputer saat presentasi atau semacamnya.Cara membuat akun tambahan di komputer Mac sangat mudah kok. Tinggal buka System Preferences > User & Groups dan tambahkan akun baru dengan menekan tombol +. Silahkan isi data yang dibutuhkan dan atur hak akses akun ini sebagai admin supaya tetap memiliki beragam akses fitur secara lengkap.
3. Pengaturan Locations di Network
Setiap jaringan LAN atau WiFi di kampus pasti punya pengaturan khusus seperti IP Adress spesifik atau DNS yang harus kamu atur. Nah jika tidak mau ribet mengganti setiap pengaturan tadi dan kembali ke pengaturan yang kamu buat di rumah, manfaatkan fitur Locations di Network ya!Silahkan bukan System Preferences > Network lalu amati bagian Locations di barisan atas. Buat daftar Location baru, Internet Kantor misal. Setelah itu aktifkan mode ini dan masuk pengaturan Advance di WiFi lalu isi dengan pengaturan yang ditetapkan oleh tim IT di kantor kamu. Nanti setelah kembali ke rumah, masuk mode ini lagi dan kembalikan ke Locations lain – Rumah misalkan.
Saya sendiri menggunakan mode ini untuk 3 hal – di rumah, kantor serta pengaturan ketiga yang khusus untuk mengganti DNS (agar dapat membuka Vimeo misalkan). Bagaimana dengan kamu?
4. Atur Keamanan dengan Cerdas
Keamanan berupa password tentunya harus dipasang untuk komputer kamu ya. Karena di awal kita sudah membahas akun login terpisah, silahkan matikan mode auto login! Berikut ini 2 pengaturan yang wajib kamu cek untuk masalah keamanan:- Masuk System Preferences > User & Groups > Login Option > Automatic Login > OFF. Bagian ini akan membuat kondisi setiap komputer kamu dinyalakan, akan tampil pilihan akun yang akan digunakan.
- Masuk ke System Preferences > Security & Privacy > General. Atur mode Require Password dengan batasan waktu yang kamu inginkan untuk mengunci komputer Mac dalam password login akun.
Baca Juga: