Follow Us

$40 Milyar Kapitalisasi Pasar Apple Raib Karena Harga Saham Anjlok

Andri Alfansyah - Kamis, 28 April 2016 | 16:03
$40 Milyar Kapitalisasi Pasar Apple Raib Karena Harga Saham Anjlok

Tidak lama setelah Apple mengumumkan hasil laporan keuangan dan pendapatannya yang menurun di kuartal kedua 2016 untuk kali pertama sejak 2003, harga saham ikut terhempas.

Pada pembukaan penjualan sahamnya kemarin sebagaimana dilansir 9to5Mac, harga saham Apple merosot sebanyak hampir 8% yaitu diperdagangkan di angka $96,55 per lembar.

Kemerosotan harga saham tersebut menyebabkan Apple harus kehilangan nilai kapitalisasi pasar atau nilai perusahaan lebih dari $40 milyar dalam waktu yang sangat singkat. Tercatat, kapitalisasi pasar Apple kini menjadi $532 milyar. Google membayangi dengan kapitalisasi pasar sebesar $480 milyar.


Baca juga:


Penurunan penjualan iPhone dan produk-produk lainnya selama kuartal kedua 2016 menjadi penyebab utama nilai harga saham terjerembab drastis. Di kuartal kedua, penjualan iPhone turun sebanyak 18 persen dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi 51,1 juta unit.

Meski begitu, Tim Cook merasa optimis penjualan iPhone bakal kembali meningkat di kuartal berikutnya berkat permintaan pasar terhadap iPhone SE yang masih sangat kuat. Untuk mengdongkrak penjualan iPhone, Apple saat ini tengah menggenjot produksi iPhone 4 inci tersebut.

Adapun harga saham Apple saat ini diperdagangkan kembali menunjukan sedikit peningkatan. Harga sahamnya dijual di level $97,82 per lembar atau turun sebanyak 6,26 persen dari hasil perdagangan kemarin di level $104 per lembar.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2016/04/27/following-earnings-decline-aapl-opens-down-8-market-cap-shrinks-by-40-billion/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest