Follow Us

Apple Promosikan Apple Music API untuk Developer

Bagus Hernawan - Jumat, 29 April 2016 | 09:27
Apple Promosikan Apple Music API untuk Developer

Apple hari ini mempromosikan Apple Music API yang sudah dapat digunakan oleh pengembang untuk aplikasi pihak ketiga di iOS 9.3.1. Beragam ketentuan dan fiturnya diumumkan pada laman iTunes Affiliate, berikut ini kutipannya:

We are excited to announce that Apple Music API is now available on iOS 9.3. The Apple Music API allows developers to directly control Apple Music playback for Members among other features.

  • Developers can see if a user is currently a member
  • Developers can see which country the users account is based
  • Developers can queue up the next song or songs based on a song ID for playback
  • Developers can inspect playlists already in My Music or create a new playlists with a title and description (see App Store Review Guidelines for limitation)
Secara sederhana Apple Music API terbaru ini memberikan akses untuk pengembang aplikasi melakukan kendali (playback) dari konten di Apple Music. Nah untuk melakukan hal tersebut, pastinya aplikasi tadi harus punya sistem pengecekan member atau negara bagian dari Apple ID yang digunakan oleh pengguna.

Masih dari laman yang sama, Apple juga menjelaskan beberapa larangan alias contoh fitur yang tidak boleh dibuat oleh pengembang dengan Apple Music API ini. Seperti akses untuk unduh dan simpan dokumend dari Apple Music ke aplikasinya, mode in-app purchase atau hal semacamnya dengan iming-iming perpanjang layanan sewa Apple Music atau hal semacamnya. Jika hal di atas dibuat alias melanggar aturan yang ditetapkan Apple, aplikasi tersebut akan ditolak saat proses review dari pihak iTunes Connect.


Baca Juga:

Sejauh ini 2 aplikasi yang sering saya gunakan bersama Apple Music adalah Shazam untuk mengecek judul lagu yang sedang diputar dari sumber suara lain (TV, Radio atau komputer teman). Serta Musicxmatch untuk mencari lirik dari lagu yang diputar lewat Apple Music. Nah dengan kehadiran Apple Music API terbaru ini, semoga ada aplikasi lain yang semakin seru dan dapat memanfaatkan akses yang diberikan Apple ya!

[source site_name = “iTunes” site_url = “https://affiliate.itunes.apple.com/resources/documentation/apple-music-best-practices-for-app-developers/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest