Follow Us

Jangan Salah Tulis, Ini Penulisan Kata Jamak iPhone yang Benar

Andri Alfansyah - Senin, 02 Mei 2016 | 10:43
Jangan Salah Tulis, Ini Penulisan Kata Jamak iPhone yang Benar

Buat kamu yang belajar bahasa Inggris, pastinya tahu dong kalau membentuk kata jamak dari kata benda harus ditambahkan akhiran “s” atau “es” di belakangnya. Namun berbeda dengan produk Apple, kamu tidak bisa menambahkan akhiran “s” di kata iPhone.

Pasalnya menurut Senior Vice President of Worldwide Marketing Phil Schiller sebagaimana dirangkum dari Business Insider, membuat kata jamak dari iPhone dengan menambahkan akhiran “s” adalah salah kaprah.

Dalam jawaban tweetnya kepada sejumlah pengguna yang menanyakan bentuk jamak iPhone, Schiller mengatakan, kata jamak buat iPhone yang benar adalah kamu harus menambahkan kata “devices” (perangkat) di belakangnya menjadi “iPhone devices”.

Nah misalkan kamu memiliki lebih dari satu buah iPhone, kamu hanya perlu menyebutkan dalam bahasa Inggris dengan “I have two iPhone devices” dan bukan “I have two iPhones”, seperti yang banyak dikatakan orang sebelumnya.

Hal ini juga berlaku dengan kata jamak buat produk Apple lainnya, seperti iPad, iPad Pro, atau MacBook. Kamu tidak bisa mengatakan “I have two iPads/iPad Pros“ atau ”I have MacBooks”. Tapi katakan “I have two iPad/iPad Pro devices“ dan ”I have two MacBook computers”.

Schiller mengatakan bahwa kata benda bisa memiliki bentuk jamak dan juga tunggal, misalnya deer (rusa) dan clothes (pakaian). Jadi jika memiliki tiga komputer Macintosh, kamu hanya cukup bilang “I have 3 Macintosh” atau “I have 3 Macintosh computers”.

Begitu juga dengan iPhone. Kamu bisa mengucapkan “I have 3 iPhone” atau “I have 3 iPhone smartphones” daripada harus mengucapkan "I have 3 iPhone phones yang kedengaran agak menggelikan.

Baca juga:

  • Phil Schiller Ungkap Arti di Balik Nama iPhone SE
  • Phil Schiller Bicara Proses Desain MacBook 12 Inci Bareng Mashable
  • Kata Phil Schiller Soal Apple Masih Bikin iPhone 16GB
Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest